Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 04/04/2023, 15:54 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Kita tentu tahu bagaimana buah baik untuk kesehatan. Namun rupanya, buah juga sangat baik untuk anjing.

Meskipun anjing tidak membutuhkan buah untuk menjadi yang sehat, penambahan buah-buahan segar ke dalam pola makan normal anak anjing, dengan izin dan instruksi dari dokter hewan, dapat memberi mereka tambahan vitamin, mineral, dan antioksidan, serta beberapa hidrasi ekstra yang selalu diterima.

Namun, satu hal penting untuk diingat, ketika berbicara tentang memberi makan buah pada anjing adalah tidak semua buah baik bagi anjing. Untuk itu, sebagai pemilik yang menyayangi anjing, sebaiknya kamu tahu buah apa yang tidak sebaiknya diberikan pada anjing.

Baca juga: Risiko Memberi Tulang Mentah pada Anjing Menurut Dokter Hewan

Ilustrasi anjing makan, memberi makan anjing dengan daging mentah. FREEPIK/DORYANAM Ilustrasi anjing makan, memberi makan anjing dengan daging mentah.

Selain itu, kamu juga harus melihat bagaimana respon beberapa jenis buah pada anjing. Apakah anjing menjadi sakit perut setelah mengonsumsinya, atau merasakan ketidaknyamanan yang lainnya.

Sebagai pedoman, berikut adalah pedoman untuk memberikan buah yang aman bagi anjing, dikutip dari The Spruce Pets.

1. Apel

Beberapa iris atau potongan kecil apel bisa menjadi camilan dan topping makanan yang sangat baik untuk anjing. Pastikan untuk tidak memberi makan anjingmu biji apel, karena biji apel mengandung sedikit sianida dan juga menimbulkan risiko tersedak.

Buah apel membantu membersihkan gigi dan menyegarkan nafas. Selain itu, apel juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan serat, serta ada juga fitokimia di kulit, yang terbukti dapat melawan pertumbuhan sel kanker.

Baca juga: Pernah Lihat Anjing Makan Rumput? Ini Penjelasannya

2. Pisang

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com