Kompas.com - 04/05/2021, 19:38 WIB
Ilustrasi dapur, lemari dapur. UNSPLASH/SCIENCE IN HDIlustrasi dapur, lemari dapur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak alasan berbeda mengapa penghuni rumah ingin merenovasi dapur yang dimilikinya, entah karena tampilan yang sudah tua atau menginginkan tampilan baru yang lebih segar dan mengikuti tren.

Sayangnya, banyak yang menganggap bahwa proses renovasi bisa memakan biaya yang cukup tinggi, sehingga tak jarang membuat banyak penghuni rumah berpikir keras.

Tapi, proses renovasi tidak harus selalu menggelontorkan uang banyak, karena kamu bisa mengakalinya dengan beberapa tips agar menjadi hemat anggaran.

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Membersihkan Meja Dapur, Apa Saja?

Dilansir dari Asia One, Selasa (4/5/2021), berikut ini adalah 4 tips untuk membantumu dalam menjalani renovasi dapur yang sukses dengan anggaran terbatas.

1. Buat anggaran dan ketahui harga-harganya

Jika kamu berpikir untuk memperbaiki dapurmu dengan anggaran terbatas, kamu mungkin telah melihat beberapa gaya dan opsi berbeda untuk dapur barumu.

Ada berbagai biaya berbeda yang dapat diharapkan dari renovasi hingga mengecat dapurmu. Pastikan untuk mempertimbangkan biaya rata-rata renovasi dapur.

Memiliki perencanaan anggaran dalam pikiran bahkan sebelum berbicara dengan desainer interior akan membantumu dan desainer interiormu lebih memahami apa yang diharapkan.

Baca juga: Cara Membersihkan Meja Dapur, Pakai Cuka dan Soda Kue

Pada proyek renovasi besar, kamu disarankan untuk mempertimbangkan menyewa desainer interior profesional, karena sering kali dapat menghemat uang untuk total biaya.

2. Siapkan material bangunan sebelum renovasi dimulai

Jika kamu sudah sampai sejauh ini dalam proyek renovasi dapurmu, kamu mungkin sudah memilih material apa yang ingin kamu beli (misalnya keramik, cat, peralatan dapur, dan lain-lain).

Proses ini secara alami akan menggairahkan siapa pun, dan dorongan untuk merenovasi dapur akan dimulai sesegera mungkin.

Jika kamu berencana untuk hanya menyewa kontraktor dan mengelola sebagian besar proses renovasi sendiri, pastikan untuk mempertimbangkan membeli material sebelum memulai pembongkaran apa pun.

Halaman:


Sumber Asia One
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X