Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/05/2021, 09:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Her World

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai area yang memiliki kelembapan tinggi, kamar mandi harus selalu diperhatikan kebersihannya. Sebab, jika tidak, kamar mandi akan meninggalkan bau tak sedap sepanjang hari, bahkan lebih.

Untuk mengatasinya, Anda dapat meletakkan beragam produk pewangi di dalam kamar mandi. Bisa pula menggunakan bahan alami untuk membuat pewangi kamar mandi. Bagaimana caranya? 

Baca juga: 6 Sumber Bau di Rumah dan Cara Mengatasinya

Berikut ini bahan alami untuk membuat pewangi kamar mandi dilansir dari Herworld, Selasa (4/5/21).  

Soda Kue 

Untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam kamar mandi, Anda dapat meletakkan semangkuk kecil soda kue atau baking soda di dalam kamar mandi. Soda kue memiliki kemampuan untuk menyerap bau tak sedap yang berada di dalam kamar mandi.

Namun, jangan lupa menggantinya setiap bulan untuk memastikan kesegarannya. Anda bahkan bisa mengubahnya menjadi solusi alami. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau pada Dapur dan Saluran Kamar Mandi

Caranya, campurkan dua cangkir air, satu sendok makan cuka putih, dan satu sendok teh baking soda dengan 10 tetes minyak esensial favorit Anda (untuk pengharum), kemudian pindahkan cairan tersebut ke dalam botol semprot untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan. 

Irisan Lemon 

Trik lain untuk menjaga kamar mandi tetap segar adalah meletakkan sepiring irisan lemon di wastafel atau dekat toilet. Lemon bagus untuk menetralkan bau, bahkan akan membuat kamar mandi terasa segar dan nyaman. Ingatlah untuk mengganti irisan lemon seminggu sekali. 

Baca juga: Usir Bau Kamar Mandi dengan Cara Alami Ini

Minyak Esensial 

Minyak esensial seperti lavender dan serai sangat bagus untuk menutupi bau kamar mandi yang paling kuat sekali pun. Jika Anda tidak memiliki diffuser untuk meletakkannya, cukup oleskan beberapa tetes di bola kapas dan letakkan di wadah sehingga aromanya dapat menyebar. Anda harus mengganti bola kapas beraroma setiap minggu. 

Asam Sitrat 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan campuran lainnya seperti asam sitrat dan baking soda. Caranya, aduk satu cangkir soda kue dan sepertiga cangkir asam sitrat dalam mangkuk besar. Tambahkan 15 tetes minyak esensial favorit Anda, lalu kenakan sarung tangan dan mulailah menguleni campuran menjadi satu. 

Baca juga: Wastafel Dapur Bau? Begini Cara Mudah Membersihkannya

Tambahkan air satu sendok teh secara perlahan untuk membantu campurannya tercampur rata. Masukkan semuanya ke dalam nampan es batu dan biarkan mengering semalaman. Simpan di dalam stoples kedap udara.

Untuk menggunakannya, lemparkan satu atau dua kubus bom toilet buatan Anda ke dalam mangkuk dan biarkan mendesis selama sekitar 10 menit sebelum Anda mulai menyiramnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com