Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Dekorasi Ruangan untuk Idul Fitri dari Tokopedia X Dekoruma

Kompas.com - 27/04/2021, 09:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber wawancara

JAKARTA, KOMPAS.com- Berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga menjadi hal paling ditunggu semua orang saat Idul Fitri. Namun, di tengah situasi pandemi saat ini, berkumpul langsung dengan keluarga dan sanak saudara tidak bisa direalisasikan.

Untuk itu, solusinya adalah silahturahmi dengan cara virtual. Agar tidak kehilangan makna silaturahmi di Hari Raya nanti, Anda bisa mendekorasi ruangan sehingga suasana Lebaran masih bisa terasa ketika melakukan silaturahmi virtual. 

Baca juga: 9 Tren Dekorasi Rumah yang Mulai Usang, Sebaiknya Ditinggalkan Saja

Selain itu, diakui juga oleh Tokopedia, mendekorasi rumah saat ini merupakan kegiatan yang digemari masyarakat. “Terlihat dari peningkatan transaksi sebesar lebih dari dua kali lipat pada kategori Home & Living di Tokopedia selama Q1 2021 jika dibandingkan dengan Q4 2020,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, dalam acara Virtual Media Workshop, Selasa (27/4/21). 

Sementar itu, Kania Bunga Wraspati, Interior Communication Manager Dekoruma, mengungkapkan untuk dapat memberikan nuansa hari raya, saat silaturahmi virtual, pilih spot yang memiliki cukup ruang dan pencahayaan. 

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Rumah Murah Meriah untuk Cuaca Panas

Berikut Tokopedia bersama Dekoruma memberikan tips mendekorasi ruangan saat acara silaturahmi virtual pada Idul Fitri.

Decluttering 

Untuk memberikan ruangan yang nyaman, pertama kali Anda harus melakukan pembersihan. Pilih dan kategorikan barang-barang tersebut mulai dari yang masih terpakai, didonasikan, dan yang masih bisa dijual. Dengan cara ini, ruangan akan lebih rapi karena tidak terlalu banyak barang di dalamnya. 

Baca juga: 7 Tren Dekorasi Rumah yang Bikin Kamu Menyesal dalam 5 Tahun ke Depan

Pencahayaan

Pencahayaan penting dalam dekorasi. Karena itu, maksimalkan pencahayaan pada ruangan. Jika tidak memungkinkan, gunakan lampu tambahan. Selain dapat memberikan cahaya tambahan, lampu ini juga bisa menambah elemen dekorasi pada ruangan. 

Relayout

Selain itu, menurut Kania, untuk menjadikan ruangan lebih fresh saat ingin melakukan silaturahmi virtual, Anda juga bisa mengubah tatanan ruangan. Bahkan, dengan memindahkan furnitur yang ada di dalam ruangan, dapat memberikan kesempatan untuk membersihkan sudut atau tempat yang sulit dijangkau selama ini.  

Baca juga: Kesalahan Terbesar dalam Dekorasi Rumah, Kebanyakan Barang

Mengubah Warna Cat

Untuk mengubah warna cat, harus ditentukan terlebih dahulu mau dijadikan seperti apa ruangan tersebut. Apakah lebih terang atau lembut? Jika terang, gunakan warna cerah seperti putih atau abu-abu muda.

"Hindari penggunaan warna gelap seperti navy atau abu-abu gelap karena akan membuat ruangan semakin sempit," ungkap Kania. 

Baca juga: 5 Elemen Dekorasi Rumah yang Kamu Butuhkan Tahun Ini

Tambahkan Dekorasi Menarik

Hiasan dinding atau ornamen bergaya tematik seperti Ramadan dapat menjadi solusi untuk menambah kesan meriah pada momen silaturahmi virtual di rumah saat Idul Fitri. “Selain bermanfaat menyegarkan dan memperindah suasana, mendekorasi rumah juga bisa memberikan kenyamanan, bahkan meningkatkan fokus,” kata Kania.

Selain itu, masyarakat juga bisa mendapatkan berbagai produk dekorasi rumah lewat Dekoruma Official Store. Masyarakat juga dapat menikmati beragam penawaran menarik, termasuk diskon hingga 75 persen yang berlaku sampai 5 Mei 2021. 

Baca juga: Ide Kombinasi Warna Merah Marun dan Abu-abu untuk Dekorasi Rumah

Sementara itu, bagi Anda yang sedang mencari furnitur, Tokopedia menghadirkan Proteksi Furniture. Anda bisa mendapatkan perlindungan lebih pada furnitur baru yang dibeli melalui Tokopedia dengan premi yang sangat terjangkau, mulai dari Rp2.000.

Berlaku selama 24 bulan sejak pembelian, Proteksi Furniture ini dapat melindungi furnitur dari kerusakan, bahkan kehilangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com