Kompas.com - 15/04/2021, 19:31 WIB
Ilustrasi dekorasi ruang keluarga dengan tema Bohemian modern yang rapi dan tertata. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOWIlustrasi dekorasi ruang keluarga dengan tema Bohemian modern yang rapi dan tertata.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi rumah memang hal yang menyenangkan. Apalagi jika kita mengikuti tren desain interior dan dekorasi rumah.

Namun demikian, terkadang tren, motif, dan tampilan dekorasi rumah tidak memiliki daya tahan. Ini khususnya bila kamu berencana menginvestasikan banyak waktu, uang, dan energi untuk dekorasi tersebut.

"Sama seperti industri mode, mode dekorasi rumah datang dan pergi. Desain dan bahan yang benar-benar abadi berakar pada sejarah dan dapat ditemukan di ruang penuh gaya sepanjang masa," jelas Roxy Te Owens, pendiri furnitur Society Social seperti dikutip dari Apartment Therapy, Kamis (15/4/2021).

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Ramadan yang Akan Mempercantik Rumah

Berikut ini beberapa tren dekorasi rumah yang mungkin akan membuat kamu menyesal dalam lima tahun ke depan karena trennya sudah lewat.

1. Teraso

Meski teraso memberikan hasil akhir yang menarik di sebuah ruangan, desainer Cagney Krzywosinski dari Hyphen & Co mengatakan, kamu mungkin menyesal menggunakannya sebagai fitur yang lebih permanen di rumah.

"Alih-alih menggabungkan lantai atau meja teraso, perkenalkan teraso pada bagian furnitur atau aksesori. Cobalah lantai atau meja aksen dengan bahan yang lebih hemat biaya yang lebih mudah diganti jika tren ini surut," kata Krzywosinski.

2. Keramik kamar mandi trendi

Ubin semen berpola geometris dan grafik garis warna yang berani adalah hal yang populer saat ini, tetapi mungkin popularitasnya akan berkurang tidak terlalu lama lagi. 

Baca juga: 6 Dosa Umum Dekorasi Rumah Menurut Desainer Interior, Apa Saja?

"Begitu kamu mulai memperkenalkan ubin dan pola berwarna trendi dalam skema kamar mandi, hanya perlu beberapa tahun sebelum mereka mulai terlihat kuno," ucap desainer Christopher Maya.

Pertimbangkan untuk tetap menggunakan keramik dengan bahan yang cenderung tak lekang zaman seperti ubin subway. Jika kamu ingin tampil berani, pilih hasil akhir yang lebih edgy seperti zellige yang mengilap atau konfigurasi pemasangan yang artistik seperti pola tulang ikan.

Jika kamu menyukai ubin keramik yang trendi, Maya mengatakan kamu dapat mengecat dinding dan langit-langit dengan warna lembut dan netral untuk menyempurnakan tampilan ruangan secara keseluruhan.

3. Furnitur murah

Betapapun memikatnya harga furnitur dan dekorasi yang terjangkau, desainer Liz Caan mengatakan bahwa barang-barang ini tidak akan menguntungkan kamu, lingkungan, atau dompet kamu dalam jangka panjang.

“Produk dekorasi rumah yang dibuat dengan cepat dan murah tidak berkelanjutan atau dibuat untuk bertahan lama,” sebut Caan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X