Kompas.com - 15/04/2021, 15:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi setiap penghuni rumah, kecoak adalah salah satu hama yang kehadirannya tak pernah diinginkan untuk masuk ke dalam huniannya.

Sebagian besar penghuni rumah percaya bahwa kecoak lebih sering ditemukan di kamar mandi daripada bagian ruang lain di rumah.

Jika kamu juga percaya bahwa kecoak lebih sering muncul di kamar mandi, maka keyakinanmu itu benar adanya.

Baca juga: 10 Cara Alami Mengusir Kecoak dari Rumah

Kecoak sering kali hidup di saluran pembuangan air kamar mandi dan dapur, tempat di mereka memiliki sumber air dan makanan yang baik.

Dilansir beberapa sumber, Kamis (15/4/2021), apabila kamu menemukan kecoak pada saluran pembuanganmu di kamar mandi atau dapur, lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk membantu mengendalikannya.

Cara menghilangkan sumber air dan titik masuk kecoak

1. Tutup pipa saluran pembuanganmu. Gunakan senter untuk menemukan celah atau lubang di pipa pembuangan. Jika kamu menemukan retakan atau lubang, tutup dengan dempul yang sesuai.

Dempul semua celah dan lubang, dan bukaan tempat listrik atau pipa masuk melalui dinding.

Baca juga: Panduan Pengendalian Kecoak di Rumah ala Profesional

2. Perbaiki keran air yang bocor. Genangan air menarik kecoak. Tutup celah dan lubang di sekitar pipa saluran pembuangan dengan dempul, plester atau semen.

3. Tutup celah dan lubang di sekitar pipa saluran pembuangan kamar mandimu. Kamu dapat menggunakan lakban sebagai solusi cepat untuk retakan dan bocor.

Untuk solusi jangka panjang, gunakan dempul silikon, plester atau semen.

4. Cari celah di sekitar pipa di bawah wastafelmu. Isi celah ini dengan sealant silikon atau busa uretan. Kamu dapat mengisi lubang yang lebih besar dengan sabut baja atau jaring tembaga sebelum menutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.