Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/04/2021, 08:04 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama halnya seperti makhluk hidup lainnya, kucing harus diberikan makan dengan teratur sehingga selalu sehat dan memiliki perkembangan yang baik.

Namun, tak sembarangan, memberi makan kucing juga harus memerhatikan kandungan yang ada di dalamnya.

Dilansir dari I Heart Cats, Kamis (8/4/2021), kucing yang makan makanan tidak benar baik itu porsi atau kandungan di dalamnya akan mulai menderita masalah kesehatan yang berbahaya bahkan terkadang tidak dapat disembuhkan.

 

Baca juga: Kucing Suka Menjatuhkan dan Memecahkan Barang, Ini 3 Alasannya

Berikut beberapa masalah kesehatan yang dialami oleh kucing jika mengonsumsi makanan tidak baik:

1. Obesitas

Obesitas adalah masalah kesehatan yang ditemukkan pada kucing dan anjing. Sayangnya, kondisi kucing obesitas tampaknya tidak dianggap serius oleh pemilik hewan peliharaan.

Obesitas tidak hanya menghambat kucing Anda untuk bergerak dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga dapat memperburuk banyak masalah kesehatan lainnya.

Obesitas juga terkait dengan osteoartritis dan gangguan sendi lainnya, serta diabetes mellitus. Namun, masalahnya tidak hanya karena memberi makan terlalu banyak makanan saja.

 

Baca juga: Apakah Kucing Mengetahui Saat Dipanggil Namanya?

Kucing yang makan makanan yang salah tidak akan dapat mencerna makanannya dengan baik atau mungkin mendapatkan terlalu banyak satu nutrisi dan tidak cukup nutrisi lainnya.

Faktor-faktor ini dapat menyebabkan obesitas dan apa yang dimakan kucing Anda harus dipertimbangkan serta jumlah makanan yang dimakan.

2. Batu dan kristal kemih

Batu dan kristal kemih terjadi karena berbagai alasan, tetapi pola makan dianggap memainkan peran besar. Ada berbagai jenis kristal dan batu tetapi bagian utama dalam perawatan semuanya termasuk perubahan pola makan.

Faktanya, ada diet khusus yang diformulasikan untuk kucing yang mengalami masalah ini. Ini karena keasaman atau alkalinitas urin dapat memperburuk masalah. Menyeimbangkan tingkat pH melalui diet adalah cara utama untuk mengatasi masalah ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com