Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kucing Bisa Menangis? Simak, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 05/04/2021, 08:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Catster

JAKARTA, KOMPAS.com - Perilaku kucing selalu menarik untuk ditelisik. Salah satunya adalah apakah kucing bisa menangis, mengapa kucing menangis, dan bagaimana sebenarnya tangisan kucing itu.

Dilansir dari Catster, Senin (5/4/2021), kucing mungkin menangis dan mengeluarkan air mata, namun ini bukan merupakan reaksi emosional. Cara kucing menangis tidak seperti manusia.

Dalam sebuah artikel di majalah Parade, dokter hewan Sheri Morris menyatakan, kucing memang menangis, tetapi ini secara eksklusif sebagai respons terhadap cedera atau penyakit, biasanya terkait dengan mata mereka. Iritasi akibat disunfektan atau alergi juga bisa menjadi penyebabnya.

Baca juga: 7 Masalah Kesehatan akibat Salah Pilih Makanan Kucing

Jika Anda memperhatikan kucing menangis dengan mata berair yang terus-menerus, mengunjungi dokter hewan adalah yang terbaik.

Ahli perilaku kucing bersertifikat dan penulis Mieshelle Nagelschneider mengamini pandangan Morris bahwa mata kucing tidak mengeluarkan air saat kesakitan atau kesal. Sebaliknya, kucing bersuara ketika ada sesuatu yang mengganggu mereka.

Apakah anak kucing menangis? Selain tangisan yang disebutkan di atas, anak kucing akan menangis saat ketakutan, lapar, atau kedinginan.

Apakah kucing lebih sering menangis saat stres atau karena perubahan lingkungan?

Stres tidak bisa cukup membuat stres sebagai penyebab kucing menangis. Perubahan yang tampaknya tidak berbahaya di lingkungan kucing dapat menyebabkan stres. 

Baca juga: Panduan Singkat Cara Membersihkan Telinga Kucing Peliharaan

Apakah kucing lebih sering menangis seiring bertambahnya usia?

Penuaan bisa menyebabkan vokalisasi yang berlebihan. Kucing senior, seperti manusia, mengalami disfungsi kognitif dan bisa menjadi bingung. Kebingungan mental tentu saja dapat menyebabkan kucing menangis yang memanggil orang-orangnya untuk meminta bantuan.

Apakah kucing Anda menangis karena masalah kesehatan?

Penyakit seperti penyakit tiroid atau ginjal dapat menyebabkan kucing menangis.

Dengan begitu banyak alasan kucing menangis, penting bagi orang tua hewan peliharaan untuk mengetahui kondisi mental, fisik, dan emosional kucing mereka. Kucing yang sakit atau terluka tidak bisa hanya berkata, "Sakit di sini", tetapi jika kucing Anda menangis berlebihan pasti ada alasannya, dan itu bisa jadi masalah medis.

Dokter hewan Jean Duddy menyatakan, peningkatan tangisan kucing dapat menjadi penyebab utama kekhawatiran.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com