Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2021, 13:44 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Catbeep

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah melihat kucing peliharaan Anda tiba-tiba berjalan mundur? Meski perilaku kucing ini tampak lucu, namun sebenarnya ketika kucing tiba-tiba berjalan mundur, Anda harus mencermatinya.

Dilansir dari Catbeep, Kamis (1/4/2021), kucing memang bisa berjalan mundur. Akan tetapi, ini adalah perilaku aneh yang sebaiknya Anda perhatikan baik-baik, sebab ini mungkin gejala serangan kutu, kejang, disfungsi kognitif, penyakit vestibular, hingga konsumsi benda beracun.

Meskipun demikian, kucing juga bisa berjalan mundur setelah disteril, saat takut, atau hanya untuk bersenang-senang.

Baca juga: Mengapa Kucing Kerap Menghilang dan Kembali Beberapa Hari Setelahnya?

Kenapa kucing tiba-tiba berjalan mundur?

Kucing yang berjalan mundur dapat disebabkan oleh disorientasi, yang merupakan gejala penyakit kucing seperti disfungsi kognitif, kejang, peritonitis infeksius, dan penyakit vestibular. Untuk tindakan pengamanan, segera bawa kucing Anda ke dokter hewan jika ia mulai berjalan mundur tanpa alasan.

Kucing Anda mungkin berjalan mundur karena disorientasi atau mengalami ketidakseimbangan. Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter hewan karena disorientasi merupakan gejala penyakit tertentu yang terdapat pada kucing.

Ini dapat membantu meringankan ketidaknyamanan kucing Anda atau bahkan menyelamatkan hidupnya. Beberapa dari penyakit ini berakibat fatal.

Karena sulit untuk memastikan mengapa kucing berjalan mundur, maka disarankan Anda mengunjungi dokter hewan. Bahkan, diagnosis penyakit oleh dokter hewan memerlukan beberapa tes dan prosedur.

Baca juga: Kenapa Kucing Suka Mengeong di Malam Hari? Ini 5 Penyebabnya

Penyakit kucing yang dapat menyebabkan kucing berjalan mundur meliputi sebagai berikut.

1. Disfungsi kognitif

Disfungsi kognitif, juga dikenal sebagai demensia, adalah salah satu penyakit pada kucing yang menyebabkan disorientasi. Disfungsi ini paling sering terjadi pada kucing tua yang berusia sekitar 11 tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com