Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2021, 11:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Kloset adalah salah satu peralatan yang paling sering digunakan di rumah. Oleh sebab itu, kloset yang tersumbat tentu akan membuat Anda sekeluarga merasa frustrasi.

Memahami penyebab kloset tersumbat akan membantu Anda mencegah penyumbatan kembali terjadi di masa mendatang. Tentu aja ini akan menghindari pekerjaan berat memperbaiki kloset juga.

Dilansir dari The Spruce, Kamis (1/4/2021), berikut beberapa penyebab kloset di kamar mandi tersumbat alias mampet yang perlu diketahui.

Baca juga: Harus Tahu, Begini Cara Membersihkan Kloset hingga Bersih

1. Kloset generasi pertama alias jadul, sehingga arus rendah

Kloset modern menggunakan berbagai desain aliran rendah yang bertujuan untuk menghemat air. Kloset generasi pertama atau kloset jadul mungkin tidak memiliki tekanan yang diperlukan untuk membersihkan jebakan internal dan saluran pembuangan, yang berarti sering kali tersumbat.

Lihat bagian belakang toilet Anda untuk mengetahui tanggal yang telah distempel. Jika kloset Anda dibuat pada pertengahan 1990-an, Anda bisa memiliki salah satu dari kloset aliran rendah generasi pertama ini.

Jika demikian, jangan merasa perlu terburu-buru mengganti. Terkadang Anda dapat mengurangi penyumbatan di kloset aliran rendah dengan membatasi penggunaan tisu toilet dan menghindari barang yang mudah tersumbat.

Namun demikian, jika upaya ini tidak membantu, solusinya adalah mengganti dengan kloset yang lebih mutakhir.

Baca juga: Tak Hanya Tisu dan Pembalut, Jangan Buang 13 Benda Ini ke Dalam Kloset

2. Ada benda yang seharusnya tidak dimasukkan ke dalam kloset

Kloset dirancang hanya untuk membuang benda tertentu. Tisu toilet misalnya, memang didesain cepat larut dalam air, sehingga jarang menimbulkan masalah.

Namun, tisu sekali pakai atau tisu dapur tidak dimaksudkan untuk dibuang ke kloset. Membuang benda lain ke kloset, seperti bola kapas, tisu basah, dan benang gigi dapat membatasi drainase dan menyebabkan endapan konstan di kloset.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com