Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2021, 19:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasang jam di rumah, baik jam dinding maupun jam meja, merupakan hal yang wajar. Berdasarkan feng shui, memasang jam bukanlan hal yang buruk.

Mengetahui waktu dan menyesuaikan kecepatan kita adalah bagian dari rutinitas harian. Namun, ada beberapa tempat feng shui yang lebih baik daripada tempat lain untuk menampilkan jam, dan ada juga area feng shui di mana menampilkan jam tidak disarankan.

Dilansir dari The Spruce, Minggu (4/4/2021), berikut panduan memasang jam di rumah berdasarkan filosofi feng shui.

Baca juga: 3 Tips Feng Shui agar Fokus Saat Bekerja dari Rumah

Tempat memasang jam

Area feng shui yang baik untuk menampilkan jam secara bebas adalah dapur, ruang tamu, dan/atau ruang kerja di rumah. Memiliki jam kecil di kamar anak adalah feng shui yang baik, karena membantu mereka memahami berlalunya waktu.

Adapun memiliki jam alarm kecil di kamar tidur hampir merupakan suatu keharusan. Berhati-hatilah karena memiliki jam alarm kecil yang dapat dengan mudah disimpan.

Jenis jam yang digunakan

Pilih jam alarm yang dioperasikan dengan baterai ketimbang jam listrik untuk melindungi kesehatan Anda. Sebab, jam alarm listrik yang paling sederhana pun akan memancarkan medan EMF tinggi yang berbahaya bagi kesehatan saat Anda tidur.

Jangan pajang jam besar atau beberapa jam berbeda di kamar tidur. Sebab, kamar tidur adalah tempat untuk relaksasi mutlak, tempat waktu "melambat", dan harus diatur oleh jam yang berbeda, yakni jam tubuh Anda sendiri.

Baca juga: Menurut Feng Shui, Jangan Letakkan Tempat Tidur di Bawah Jendela

Tips menampilkan jam di rumah

Jika Anda memiliki koleksi jam yang ingin Anda pajang, misalnya jam gantung, jam kukuk, dan lain sebagainya, Anda dapat memilih dinding ruang tamu untuk pajangan ini, atau memajangnya dengan gaya galeri di lorong.

Jangan pajang jam agar Anda bisa melihatnya pertama kali saat memasuki rumah. Jangan memajang jam logam di arah timur, yang merupakan area kesehatan dan keluarga rumah.

Memberi jam sebagai hadiah

Menurut feng shui, member jam sebagai hadiah dianggap buruk dan tidak menguntungkan jika orang yang lebih muda memberikannya sebagai hadiah kepada orang yang lebih tua.

Mempertimbangkan esensi jam, yakni mengukur berlalunya waktu, ini adalah pengingat untuk semakin tua. Jadi itu bisa dianggap sebagai hadiah yang buruk menurut feng shui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com