Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/03/2021, 20:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah tentu saja harus menjadi sumber kebahagiaan dalam hidup Anda. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan memasukkan energi positif ke dalam rumah.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menetapkan feng shui, praktik China kuno yang memetakan keseimbangan energi atau chi, melalui kalkulasi ilmiah. Tujuan feng shui adalah mengundang chi positif ke dalam rumah, sehingga hidup Anda terasa berenergi dan seimbang.

Feng shui adalah cara yang relatif sederhana untuk meningkatkan suasana ruangan di rumah Anda.

Baca juga: Aturan Feng Shui di Kamar agar Tidur Semakin Lelap

Dilansir dari Architectural Digest, Minggu (21/3/2021), berikut adalah beberapa cara sederhana dalam menerapkan feng shui di rumah.

1. Cek posisi titik terkuat di rumah

Dalam feng shui, salah satu prinsip terpenting adalah commanding position atau titik terkuat. Pada dasarnya, ini adalah posisi beberapa perabot penting, misalnya tempat tidur (mewakili Anda), meja (mewakili karier Anda), dan kompor (mewakili kekayaan Anda).

Meskipun Anda mungkin tidak dapat memindahkan kompor, mungkin cukup mudah untuk mengatur tempat tidur dan meja Anda pada posisi yang lebih baik. Hal utama di sini adalah dapat melihat pintu saat menggunakan barang-barang ini, dapatkah Anda melihatnya saat Anda di tempat tidur atau duduk di meja?

Anda tidak boleh berada menghadap pintu, tetapi juga tidak boleh membelakangi pintu. Semua ini berperan sehingga Anda dapat menerima energi positif yang optimal.

Baca juga: 6 Panduan Feng Shui untuk Pintu Kamar Mandi, Harus Selalu Ditutup

2. Vertikal

Integrasikan beberapa bentuk dan garis vertikal di rumah Anda yang mewakili pertumbuhan dan perluasan. Anda dapat mewujudkannya dengan berbagai cara.

Tambahkan beberapa pencahayaan di mana cahaya bergerak ke atas. Tambahkan pohon ke sudut untuk membuat ruang terasa lebih tinggi.

Jika Anda memiliki ruangan yang cukup luas, letakkan rak buku yang tinggi.

3. Jaga kebersihan

Memiliki terlalu banyak kekacauan di sekitar mungkin tidak akan membantu kejernihan mental Anda, apalagi skema desain interior Anda. Dalam feng shui, kekacauan diyakini memakan ruang berharga yang dibutuhkan energi baru yang masuk.

Sebaiknya biasakan membersihkan ruang kerja Anda setiap hari. Tidak hanya akan membuat stres Anda berkurang, tetapi juga akan menciptakan rasa keteraturan di masa-masa yang kacau balau.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com