Kompas.com - 21/03/2021, 19:30 WIB
Ilustrasi mencuci pakaian dengan mesin cuci. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi mencuci pakaian dengan mesin cuci.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pakaian yang baru saja kering usai dicuci terasa bersih dan segar. Namun, mencuci pakaian merupakan kegiatan yang seringkali menjemukan.

Apalagi jika ada noda-noda membandel yang sulit dihilangkan. Namun, Anda jangan khawatir, sebab ada banyak trik mencuci pakaian yang mampu membasmi bakteri, menghilangkan noda, dan membuat pakaian Anda harum.

Dilansir dari Reader's Digest, Minggu (21/3/2021), ada beberapa bahan di rumah yang dapat ditambahkan saat mencuci pakaian untuk mengusir bakteri, mengharumkan pakaian, dan menghilangkan noda. Berikut daftarnya.

Baca juga: Simak, Cara Memilih Deterjen yang Tepat untuk Mencuci Pakaian

1. Air perasan lemon

"Anda dapat menghilangkan noda dengan menambahkan air perasan lemon ke cucian Anda," kata Marieke van der Graaf, pendiri Laundrylicious yang berbasis di California.

Keajaiban pemutihan organik dari lemon akan mencerahkan pakaian dalam katun Anda dan menghilangkan karat, serta membuat pakaian berbau lemon segar. Tetap gunakan putih saat menambahkan jus lemon, karena dapat memutihkan beberapa warna.

Anda juga bisa membersihkan noda dengan lemon. Untuk hasil terbaik, van der Graaf menyarankan untuk menyeka noda dengan jus daripada mengoleskannya.

2. Garam

Garam bisa membantu menghilangkan noda darah, kuah, dan minyak pada pakaian.

Baca juga: 4 Kesalahan Mencuci Seprai dengan Mesin Cuci

“Garam bukanlah penguat cucian, tetapi bisa efektif dalam menghilangkan noda tertentu,” jelas Brandi Winch, pemilik HomeMaid Home Solutions di Kalamazoo, Michigan.

Bagaimana garam harus digunakan tergantung pada jenis noda. Pakaian dengan noda darah, misalnya, harus direndam dalam air dingin berisi garam.

Sebaliknya, jika pakaian Anda ketumpahan noda minyak, tutupi dengan garam, biarkan menyerap minyak, lalu bersihkan sebelum dicuci.

3. Baking soda

Baking soda membantu menghilangkan bau pada pakaian dan berbagai macam kain.

“Baking sodaadalah penguat pakaian yang alami, ekonomis, dan aman," sebut Winch.

Taburkan setengah cangkir soda kue ke dalam mesin cuci saat Anda menambahkan deterjen di awal siklus pencucian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X