Kompas.com - 18/03/2021, 13:13 WIB
Ilustrasi deterjen bubuk dan cair SHUTTERSTOCKIlustrasi deterjen bubuk dan cair

JAKARTA, KOMPAS.com - Soal deterjen untuk mencuci pakaian, banyak konsumen setia pada satu merek deterjen karena satu dan lain hal. Ada juga yang membeli deterjen dengan merek apapun, yang penting harganya murah atau sedang diskon.

Namun demikian, dikutip dari The Spruce, Kamis (18/3/2021), dalam survei yang dilakukan YouGov Analysis Insitute, terungkap bahwa 52 persen konsumen memilih deterjen berdasarkan kemampuannya dalam menghilangkan noda. Sementara itu, 48 persen konsumen memilih deterjen karena wanginya.

Dengan banyaknya produk deterjen yang dijual di pasaran, kerap kali sulit memilih deterjen yang sesuai dengan anggaran Anda, mampu membersihkan pakaian, wanginya sesuai selera Anda dan keluarga, serta ramah lingkungan.

Baca juga: Alasan Tak Boleh Pakai Terlalu Banyak Deterjen Saat Mencuci Pakaian

Berikut ini cara memilih deterjen yang bagus untuk mencuci pakaian Anda sekeluarga.

Deterjen bubuk atau deterjen cair?

Pada dasarnya, semua bentuk deterjen akan membersihkan pakaian dengan baik. Akan tetapi, deterjen cair sangat efektif untuk menghilangkan noda berminyak dan dapat dengan mudah digunakan sebagai penanganan untuk menghilangkan noda.

Masalah paling umum dengan penggunaan deterjen cair adalah penggunaan terlalu banyak per muatan atau overdosis. Tutup botol deterjen seringkali sulit dibaca dan konsumen menggunakan terlalu banyak, akhirnya meninggalkan residu pada pakaian.

Deterjen bubuk biasanya lebih murah untuk digunakan per muatan. Deterjen paling efektif untuk noda lumpur dan kotoran yang menempel.

Baca juga: Pembersih Pakaian Alternatif Pengganti Deterjen, Apa Saja?

Deterjen bubuk dapat menjadi masalah jika Anda memiliki air yang sangat dingin atau hanya menggunakan air dingin untuk mencuci karena mungkin tidak larut sepenuhnya. Selalu tambahkan deterjen bubuk ke tabung mesin cuci sebelum pakaian dan air ditambahkan.

Jika Anda mengalami masalah dengan residu, campur deterjen dengan satu liter air panas dan tambahkan langsung ke drum mesin cuci sebelum mencuci cucian.

Deterjen bubuk dan deterjen cair dapat digunakan di semua suhu air dan hampir semua merek sekarang diformulasikan untuk digunakan dalam mesin cuci berefisiensi tinggi atau standar. Cari simbol HE (High Eficiency) untuk memastikannya.

Jenis deterjen cair dan bubuk tersedia dalam bentuk pekat atau ultra. Pastikan untuk membaca label untuk memastikan Anda menggunakan jumlah yang benar untuk setiap beban cucian.

Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X