Kompas.com - 06/02/2021, 18:01 WIB
Ilustrasi deterjen bubuk dan cair SHUTTERSTOCKIlustrasi deterjen bubuk dan cair

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika akan melakukan kegiatan mencuci pakaian, kamu mungkin pernah mengalami bahwa deterjen pembersih pakaian yang ada sudah habis atau tersisa sedikit, sehingga tidak cukup untuk dipakai mencuci.

Ketika hal ini terjadi, kegiatan mencuci pakaian bisa menjadi terhambat, atau bahkan kamu batalkan, karena tidak adanya detergen membuatmu merasa pakaian tidak bisa dicuci.

Di saat kepepet seperti ini, apalagi kamu sudah terlanjur membasahi pakaian dan mengisi mesin cuci dengan air, kamu tetap bisa melanjutkan proses mencuci dengan beberapa bahan pembersih alternatif selain deterjen.

Baca juga: 6 Manfaat Deterjen Selain untuk Mencuci Pakaian

Dilansir dari The Spruce, Sabtu, (6/2/2021), terdapat beberapa cara untuk membersihkan pakaian dengan bahan pembersih darurat.

Sekali lagi perlu diingat, bahwa hal ini dilakukan dalam keadaan darurat bukan bisa menjadi alternatif selain detergen terus menerus dalam membersihkan pakaian.

1. Bilas botol atau kotak detergen

Isi botol detergen cair yang kosong atau kotak detergen bubuk dengan air hangat, kocok dengan baik, dan masukkan cairan ke dalam drum mesin cuci.

Kamu akan mendapatkan produk pembersih yang cukup untuk melakukan pembersihan sedikit.

Baca juga: Deterjen Bubuk Vs Deterjen Cair, Mana yang Lebih Baik?

2. Gunakan boraks atau soda kue

Untuk meningkatkan sedikit detergen yang tersisa, tambahkan setengah cangkir boraks atau soda kue. Produk ini berfungsi sebagai penguat detergen dan akan membantu membersihkan pakaianmu.

Tempatkan dua bahan di atas langsung ke dalam drum mesin cuci sebelum kamu menambahkan detergen sisa, pakaian kotor, dan air.

Jika kamu tidak memiliki detergen sama sekali, gunakan satu cangkir boraks atau soda kue untuk cucian normal. Pakaian akan lebih bersih dari yang kamu bayangkan berkat tindakan agen pembersih, air, dan agitasi dari mesin cuci.

Sekali lagi, bersihkan noda sebelum mencuci dan gunakan suhu air paling hangat yang disarankan untuk pakaian.

Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X