Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembersih Pakaian Alternatif Pengganti Deterjen, Apa Saja?

Kompas.com - 06/02/2021, 18:01 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika akan melakukan kegiatan mencuci pakaian, kamu mungkin pernah mengalami bahwa deterjen pembersih pakaian yang ada sudah habis atau tersisa sedikit, sehingga tidak cukup untuk dipakai mencuci.

Ketika hal ini terjadi, kegiatan mencuci pakaian bisa menjadi terhambat, atau bahkan kamu batalkan, karena tidak adanya detergen membuatmu merasa pakaian tidak bisa dicuci.

Di saat kepepet seperti ini, apalagi kamu sudah terlanjur membasahi pakaian dan mengisi mesin cuci dengan air, kamu tetap bisa melanjutkan proses mencuci dengan beberapa bahan pembersih alternatif selain deterjen.

Baca juga: 6 Manfaat Deterjen Selain untuk Mencuci Pakaian

Dilansir dari The Spruce, Sabtu, (6/2/2021), terdapat beberapa cara untuk membersihkan pakaian dengan bahan pembersih darurat.

Sekali lagi perlu diingat, bahwa hal ini dilakukan dalam keadaan darurat bukan bisa menjadi alternatif selain detergen terus menerus dalam membersihkan pakaian.

1. Bilas botol atau kotak detergen

Isi botol detergen cair yang kosong atau kotak detergen bubuk dengan air hangat, kocok dengan baik, dan masukkan cairan ke dalam drum mesin cuci.

Kamu akan mendapatkan produk pembersih yang cukup untuk melakukan pembersihan sedikit.

Baca juga: Deterjen Bubuk Vs Deterjen Cair, Mana yang Lebih Baik?

2. Gunakan boraks atau soda kue

Untuk meningkatkan sedikit detergen yang tersisa, tambahkan setengah cangkir boraks atau soda kue. Produk ini berfungsi sebagai penguat detergen dan akan membantu membersihkan pakaianmu.

Tempatkan dua bahan di atas langsung ke dalam drum mesin cuci sebelum kamu menambahkan detergen sisa, pakaian kotor, dan air.

Jika kamu tidak memiliki detergen sama sekali, gunakan satu cangkir boraks atau soda kue untuk cucian normal. Pakaian akan lebih bersih dari yang kamu bayangkan berkat tindakan agen pembersih, air, dan agitasi dari mesin cuci.

Sekali lagi, bersihkan noda sebelum mencuci dan gunakan suhu air paling hangat yang disarankan untuk pakaian.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com