Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/03/2021, 16:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini mulai sering terlihat penggunaan vacuum cleaner robot, penyedot debu otomatis yang bisa berjalan sendiri menyusuri ruangan untuk membersihkan debu. Sekilas alat ini tampak unik dan menarik, namun bagaimana cara kerjanya?

Dikutip dari Martha Stewart, Minggu (21/3/2021), vacuum cleaner robot menawarkan pendekatan pembersihan berteknologi tinggi, tetapi masih banyak pemilik rumah yang skeptis terhadap efektivitasnya.

Dengan ukurannya yang sangat kecil dan kemampuan untuk menjalankan siklus pembersihan hanya dengan menekan satu tombol, sulit membandingkan kinerjanya dibandingkan dengan vacuum cleaner tradisional.

Baca juga: 6 Manfaat Vacuum Cleaner Selain untuk Menyedot Debu

Berikut ini penjelasan mengenai vacuum cleaner robot dan cara kerjanya.

1. Memanfaatkan teknologi untuk membersihkan

"Vacuum cleaner robot memiliki dua tugas utama yang harus ditangani, yakni navigasi dan penyedotan, dan keduanya melakukan kerjanya dengan bantuan beberapa fitur berteknologi tinggi," kata Dan Hayes, Manajer Senior dari Emerging Home Appliances di LG Electronics.

Menurut Hayes, teknologi navigasi yang paling umum biasanya adalah inframerah (IR) atau laser, yang memungkinkan robot untuk merasakan objek di lingkungan pengguna, memetakannya ke memori, dan menggunakan peta itu untuk pergerakan dan pembersihan yang lebih akurat dan efisien.

Ada vacuum cleaner robot canggih lainnya di pasaran yang mengintegrasikan tidak hanya laser, tetapi juga kamera, kecerdasan buatan(AI), atau teknologi pembelajaran canggih.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Menyedot Debu dengan Vacuum Cleaner?

"Ini membantu navigasi yang lebih tepat dan, dengan AI, membantu mendeteksi perubahan (seperti membedakan antara benda hidup dan benda mati)," ujar Hayes.

Vacuum cleaner robot juga bergerak sendiri dan bertenaga sendiri. Menurut Andy Knight, kepala divisi Roborock Global Brands, perangkat bertenaga baterai ini memiliki dua jenis sikat, yakni roller dan spinner, yang dirancang untuk mengaduk kotoran dan kotoran dan menariknya ke dalam ke tengah ruang kosong di dalamnya, ke dalam tempat sampah internal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com