Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Mudah Menerapkan Feng Shui di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah tentu saja harus menjadi sumber kebahagiaan dalam hidup Anda. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan memasukkan energi positif ke dalam rumah.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menetapkan feng shui, praktik China kuno yang memetakan keseimbangan energi atau chi, melalui kalkulasi ilmiah. Tujuan feng shui adalah mengundang chi positif ke dalam rumah, sehingga hidup Anda terasa berenergi dan seimbang.

Feng shui adalah cara yang relatif sederhana untuk meningkatkan suasana ruangan di rumah Anda.

Dilansir dari Architectural Digest, Minggu (21/3/2021), berikut adalah beberapa cara sederhana dalam menerapkan feng shui di rumah.

1. Cek posisi titik terkuat di rumah

Dalam feng shui, salah satu prinsip terpenting adalah commanding position atau titik terkuat. Pada dasarnya, ini adalah posisi beberapa perabot penting, misalnya tempat tidur (mewakili Anda), meja (mewakili karier Anda), dan kompor (mewakili kekayaan Anda).

Meskipun Anda mungkin tidak dapat memindahkan kompor, mungkin cukup mudah untuk mengatur tempat tidur dan meja Anda pada posisi yang lebih baik. Hal utama di sini adalah dapat melihat pintu saat menggunakan barang-barang ini, dapatkah Anda melihatnya saat Anda di tempat tidur atau duduk di meja?

Anda tidak boleh berada menghadap pintu, tetapi juga tidak boleh membelakangi pintu. Semua ini berperan sehingga Anda dapat menerima energi positif yang optimal.

2. Vertikal

Integrasikan beberapa bentuk dan garis vertikal di rumah Anda yang mewakili pertumbuhan dan perluasan. Anda dapat mewujudkannya dengan berbagai cara.

Tambahkan beberapa pencahayaan di mana cahaya bergerak ke atas. Tambahkan pohon ke sudut untuk membuat ruang terasa lebih tinggi.

Jika Anda memiliki ruangan yang cukup luas, letakkan rak buku yang tinggi.

3. Jaga kebersihan

Memiliki terlalu banyak kekacauan di sekitar mungkin tidak akan membantu kejernihan mental Anda, apalagi skema desain interior Anda. Dalam feng shui, kekacauan diyakini memakan ruang berharga yang dibutuhkan energi baru yang masuk.

Sebaiknya biasakan membersihkan ruang kerja Anda setiap hari. Tidak hanya akan membuat stres Anda berkurang, tetapi juga akan menciptakan rasa keteraturan di masa-masa yang kacau balau.


Selain itu, Anda akan mendapatkan awal yang bersih setiap hari, yang akan menguntungkan produktivitas Anda. Pembersihan mudah lainnya untuk dampak besar, yakni jendela, yang dianggap sebagai mata rumah.

Bersihkan kaca jendela untuk memaksimalkan sinar matahari yang masuk ke dalam rumah.

4. Rapikan jalan masuk

Dalam feng shui, pintu masuk Anda mewakili cara energi memasuki rumah dan kehidupan Anda. Singkirkan tumpukan sepatu dan kaus kaki yang berantakan.

Lakukan pembersihan dan pelapisan. Jika Anda punya ruang, tambahkan beberapa tanaman dan karya seni.

Lakukan apa pun yang Anda bisa untuk membuat area tersebut terasa mengundang.

"Selalu cobalah menyertakan rak sepatu, kait untuk mantel, dan penyimpanan untuk perlengkapan hujan atau payung. Penting bahwa semua barang ini memiliki 'tempat sendiri untuk disebut rumah'. karena mereka menahan energi dunia di luar pintu depan Anda," ujar Kristin Esposito, seorang arsitek interio yang mempelajari feng shui.

5. Singkirkan halangan

Apakah rute yang paling sering dilalui di rumah Anda, misalnya dari kamar tidur ke kamar mandi bebas dari bahaya tersandung?

Pikirkan tentang bagaimana Anda bergerak melalui ruang Anda dan cobalah untuk membuat jalan setapak sejelas mungkin. Jika ini menginspirasi pengaturan ulang yang besar, Anda mungkin membutuhkannya.

Efisiensi adalah segalanya dalam feng shui, jadi penting untuk menghilangkan rintangan dari jalur Anda dan membuat aliran Anda semudah mungkin.

6. Tambahkan tanaman

Tanaman mewujudkan energi kehidupan, sehingga menambah kesegaran dan vitalitas di rumah Anda. Dengan demikian, jangan ragu menambahkan tanaman hias ke dalam rumah Anda.

7. Unsur logam

"Elemen logam sangat bagus untuk dimasukkan ke dalam kantor rumah Anda karena membantu dengan kejernihan, ketajaman pikiran, menenangkan dan menyeimbangkan energi, juga dapat membantu produktivitas," tutur Esposito.

Pajanglaj beberapa mangkuk dekoratif, patung, atau patung kecil berbahan logam di dalam rumah.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/21/201600576/7-cara-mudah-menerapkan-feng-shui-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke