Kompas.com - 04/04/2021, 15:54 WIB
Ilustrasi gulma, mencabut gulma di halaman rumah. PIXABAY/MARIAIlustrasi gulma, mencabut gulma di halaman rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuka tidak hanya merupakan bahan masakan, namun juga memiliki banyak fungsi. Cuka juga dapat dimanfaatkan sebagai pembunuh rumput liar alias gulma secara alami.

Dikutip dari The Spruce, Minggu (4/4/2021), asam asetat yang terkandung dalam cuka memberikan kekuatan untuk membunuh rumput liar. Semakin tinggi persentase asam asetat, semakin mematikan.

Jenis cuka yang digunakan untuk keperluan kuliner relatif rendah asam asetatnya (sekitar 5 persen). Jadi jika Anda serius dengan pengendalian gulma, Anda perlu membeli produk dengan kandungan asam asetat yang lebih tinggi yang tersedia di toko tanaman atau dari bisnis pemasok restoran.

Baca juga: Trik Membunuh Rumput Liar di Celah Konblok dan Halaman Rumah

Kapan dapat menggunakan cuka untuk membunuh rumput liar?

Saat mempraktikkan pengendalian gulma alami, pelajari gulma yang Anda lawan sebelum menggunakan cuka.

Ilustrasi cuka, cuka putih. PIXABAY/NATUREFRIEND Ilustrasi cuka, cuka putih.

Misalnya, pelajari kapan gulma tahunan menghasilkan benih, sehingga Anda dapat menargetkannya sebelum ini untuk mencegahnya memijah generasi baru.

Bergantung pada gulma, ini bisa terjadi di musim semi atau musim panas. Jika Anda menangkapnya tepat waktu, satu aplikasi cuka sering sudah cukup untuk mengatasi masalah gulma.

Gulma abadi tidak mudah dikalahkan. Misalnya dandelion.

Baca juga: Apakah Cuka Dapat Membunuh Gulma? Ini Penjelasannya

Sebaiknya cabut bunga dandelion setiap kali Anda melihatnya, agar tidak berkembang biak melalui penyemaian. Namun, sementara daunnya mati di musim dingin, tanaman keras ini biasanya hidup melalui akarnya.

Jadi, mencegah mereka berbiji tidak cukup. Di situlah aplikasi cuka sepanjang musim tanam berperan.

Setiap kali Anda menggunakan herbisida, tanaman akan melemah. Dengan penyemprotan berulang, kematian terakhir harus terjadi.

Cara menggunakan cuka untuk membunuh rumput liar

Jika Anda memerangi gulma rumput, Anda harus berhati-hati saat mengaplikasikan cuka langsung ke gulma itu sendiri, dan jangan biarkan cuka bersentuhan dengan rumput atau tanaman lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Spruce
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.