Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2021, 08:44 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain rumah Anda dapat berdampak signifikan pada kebahagiaan Anda secara keseluruhan.

Sebuah ruang yang membuat Anda merasa nyaman mencerminkan secara positif aspek-aspek lain dalam hidup Anda, dan praktik feng shui dari Tiongkok kuno telah diterapkan dengan tujuan ini selama ribuan tahun.

"Feng shui benar-benar seni yang merayakan sains," kata Gabrielle Santiago, seorang desainer interior dan pakar feng shui yang tinggal di Los Angeles yang dilansir dari Better Homes & Gardens, Senin (22/3/2021).

Baca juga: 7 Cara Mudah Menerapkan Feng Shui di Rumah

Tujuannya untuk mencapai keharmonisan dan keseimbangan antara manusia dan lingkungannya. Feng shui, yang secara harfiah diterjemahkan menjadi "angin dan air," secara historis digunakan untuk memilih tempat dan waktu yang menguntungkan untuk membangun rumah, menanam tanaman, dan kegiatan penunjang kehidupan lainnya.

Filosofinya didasarkan pada elemen tanah, logam, air, kayu, dan api, yang semuanya dapat direpresentasikan melalui berbagai bentuk, warna, dan bahan di seluruh rumah.

Keseimbangan yang tepat membantu menumbuhkan ruang yang bahagia dan teratur yang mendukung kesejahteraan dan kehidupan sehari-hari kita.

Salah satu faktor feng shui terpenting adalah chi, atau energi, dalam sebuah ruangan. Joanna Lily Wong, ahli feng shui dan kepala Ennate Design & Development, menyarankan untuk memikirkan chi seperti aliran air, yang dapat berkisar dari diam hingga deras.

Baca juga: Aturan Feng Shui di Kamar agar Tidur Semakin Lelap

"Di ruangan besar di mana tidak ada banyak furnitur, energi mengalir masuk seperti banjir, yang dapat membuat Anda merasa tersesat dan tidak tahu harus pergi ke mana," kata Wong.

Sebaliknya, ruangan kecil yang dipenuhi dengan terlalu banyak perabotan tidak memberikan energi yang cukup untuk bergerak, sehingga menimbulkan perasaan tersendat. Untuk menumbuhkan perasaan harmonis di rumah Anda sendiri, cobalah cara sederhana ini untuk menggabungkan feng shui.

Singkirkan kekacauan

Menurut filosofi, kekacauan yang berlebihan dapat menghambat aliran energi di rumah Anda.

"Jika Anda merasa lelah, depresi, tidak termotivasi, atau sesak, chi di rumah Anda mungkin terlalu lambat," sebut Santiago.

 

Gunakan solusi pengorganisasian yang membantu Anda meminimalkan kekacauan, terutama di sekitar lorong seperti pintu dan lorong. Singkirkan semua hal yang membuat terlihat berantakan dan yang menghalangi jalan saat Anda melewati rumah, serta hilangkan barang-barang yang tidak diperlukan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com