Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/04/2021, 10:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com - Perilaku kucing peliharaan di rumah selalu menarik untuk disimak. Meski lucu, kucing juga seringkali melakukan hal yang membuat pemiliknya jengkel.

Salah satunya adalah mendorong, menjilat, menggigit, dan mengejar beragam hal. Namun, kerap kali kucing suka menjatuhkan barang hingga pecah.

Hal ini tentu saja membuat pemilik kucing merasa frustrasi, apalagi jika barang yang dipecahkan misalnya adalah koleksi langka atau harganya mahal. Apakah kucing melakukannya karena nakal atau ada sebab lain?

Baca juga: Apakah Kucing Mengetahui Saat Dipanggil Namanya?

Dilansir dari Daily Paws, Rabu (7/4/2021), kucing melakukannya bukan karena nakal atau ia tidak suka dengan benda tersebut. M Kucing senang menemukan dunia di sekitar mereka dan menguji benda-benda yang mungkin bergerak.

Kucing adalah makhluk yang cerdas dan aktif dan alasan di balik mengapa mereka suka menjatuhkan barang-barang dari meja dan rak tidak ada hubungannya dengan niat jahat.

Berikut tiga alasan kucing Anda mungkin secara tidak sengaja mendorong, menjatuhkan, dan memecahkan barang yang ada di rumah.

Kenapa kucing suka menjatuhkan dan memecahkan barang?

Penelitian seputar fungsi yang tepat dari menjatuhkan barang di atas atau di luar rak belum dieksplorasi, jadi belum diketahui alasan pasti mengapa kucing melakukannya. Namun, ada beberapa kemungkinan penyebab perilaku ini.

Baca juga: Bolehkah Anak Kucing Minum Susu Sapi?

1. Kucing ingin memanjat dan ada benda yang menghalangi

Saat kucing merasa lincah dan ingin menjelajah, ia mungkin menemukan objek acak di tempat tinggi memberikan peluang yang menarik, seperti halnya balita manusia.

Ada dalam DNA kucing untuk memanjat dan bersembunyi di tempat-tempat kecil dari tanah, sehingga rak Anda yang tidak curiga dengan cepat menjadi tempat favorit. Jika rumah Anda tidak menawarkan barang untuk didaki, rak, meja, dan meja dapur adalah satu-satunya pilihan.

Apabila lokasi-lokasi itu penuh dengan barang, kucing Anda mungkin melihatnya sebagai penghalang jalan.

Untuk mencegah keharusan membersihkan kotoran dari benda yang jatuh, berikan kucing Anda pilihan memanjat seperti tiang cakaran dan pohon kucing dan letakkan di dekat jendela sehingga mereka dapat menonton burung di luar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com