Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Ikan Cupang yang Tak Mau Makan Pelet

Kompas.com - 19/03/2021, 11:49 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelet merupakan salah satu pakan ikan cupang yang paling umum serta mudah untuk ditemukan dan diberikan, sehingga ini menjadi pilihan yang lebih disenangi pemilik ikan cupang.

Meski bisa menjadi pakan untuk ikan cupang, tidak semua ikan cupang mau untuk memakan pelet yang diberikan oleh pemiliknya.

Tidak terbiasa, maupun tidak pernah makan pelet sama sekali, merupakan salah satu permasalahan umum yang melandasi ikan cupang yang kamu miliki tidak mau makan pelet.

Baca juga: Ikan Cupang Tidak Mau Makan Pelet? Mungkin Ini Penyebabnya

Hal tersebut dapat terjadi apabila kamu baru saja membeli ikan cupang dari pembiak maupun penjual ikan cupang, dan mereka tidak pernah memberi pakan pelet pada ikan cupang yang kamu beli selama merawatnya.

Lantas bagaimanakah cara agar membuat ikan cupang yang kamu miliki mau untuk memakan pelet yang kamu berikan?

Dilihat dari beberapa sumber, Jumat (19/3/2021), terdapat solusi mudah untuk membuat ikan cupang yang tidak mau memakan pelet jadi mau memakannya, berikut di antaranya.

1. Berikan sedikit demi sedikit terlebih dahulu

Dilihat dari kanal Youtube Ahmad Nur Hadi, cara agar ikan cupang milikmu mau memakan pelet adalah dengan memberikannya sedikit demi sedikit secara perlahan.

Baca juga: Apakah Ikan Cupang Tetap Sehat Jika Tidak Dijemur Sinar Matahari?

Sebagai contoh, pada hari pertama kamu bisa menaburkan pelet ke wadah ikan cupangmu sebanyak 5-7 butir pelet.

Jika pakan kesukaan ikan cupangmu yang selalu diberikan pemilik sebelumnya adalah jentik nyamuk, maka jangan berikan sama sekali jentik nyamuk pada hari pertama, agar mereka bisa merasa lapar dan mau memakan pelet.

Jika pada hari pertama ikan cupangmu sama sekali tidak menyentuh pelet yang diberikan, atau memakan tapi memuntahkan pelet, maka terus lakukan berulang sampai 3 hari.

Di hari kedua, ambil dan buang pelet yang tidak dimakan yang mengendap ke dasar wadah ikan cupang. Beri lagi pelet yang baru sebanyak 5-7 butir.

Namun, pada hari kedua kamu bisa memberikan 1-2 jentik nyamuk untuk tetap bisa memberikan asupan makanan kepada ikan cupang. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com