Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2021, 09:52 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari es atau kulkas menjadi alat elektronik yang dimiliki banyak orang karena fungsinya yang dapat mengawetkan berbagai bahan makanan.

Namun, penyimpanan yang kurang tepat akan mengakibatkan makanan kehilangan kesegarannya bahkan nutrisinya.

Dilansir Reader's Digest, Jumat (19/3/2021), dengan perencanaan yang baik, Anda dapat memperpanjang umur makanan segar. Selain itu, kulkas yang tertata rapi sangat penting saat ingin mengambil bahan makanan, sehingga Anda tidak perlu membongkarnya untuk mengambil makanan yang berada di dalam kulkas.

Baca juga: Kulkas Terus Mengeluarkan Bunyi? Coba Periksa 8 Hal ini

Sebagian besar barang yang Anda beli dari supermarket untuk disimpan di lemari es akan memiliki tanggal penggunaan.

Anda bisa menanyakan kepada penjaga toko Anda berapa lama barang dapat disimpan sebelum digunakan. Selain itu, jaga agar countertops Anda teratur dengan tip-tip ini untuk menjaganya tetap rapi.

Susu di bagian belakang

Susu adalah produk yang sering dikonsumsi, jadi naluri Anda adalah menyimpannya di tempat yang nyaman, tetapi lebih baik menyimpannya di tempat yang dingin. Di rak paling bawah di bagian belakang adalah yang terbaik.

Jika Anda membeli beberapa liter susu sekaligus, atur agar karton dengan tanggal penggunaan paling awal tercapai terlebih dahulu.

Baca juga: Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Kulkas Baru

Mentega sesuai tanggal

Mentega atau margarin harus disimpan menurut tanggal. Yang terbaik adalah menyimpannya di pintu lemari es. Mereka tidak perlu disimpan dalam suhu sedingin itu, jadi ini adalah tempat yang sempurna dan mudah diakses.

Krim dan yogurt juga harus disimpan pada tanggal penggunaan dan tetap tertutup. Simpan di tempat yang terlihat dengan menampilkan tanggal kedaluwarsa.

Sayuran dan buah di laci bawah

Sayuran dan salad segar harus disimpan di bagian bawah lemari es di laci sayuran dan salad. Sayuran tetap segar lebih lama bila disimpan di lingkungan yang sedikit lembab. Biasanya, itu akan berada di laci di lemari es Anda dengan label "sayuran" atau "kelembaban tinggi."

Jika Anda kekurangan ruang, mereka dapat disimpan dalam kantong kertas di bagian utama lemari es, tetapi jauh dari makanan mentah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com