Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Gelas Kaca Bening yang Tampak Keruh

Kompas.com - 18/03/2021, 21:01 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Semakin sering digunakan untuk minum berbagai minuman, tampilan sebuah gelas kaca bening lama-kelamaan akan menjadi keruh atau buram, sehingga tampak kotor.

Hal tersebut tentu memengaruhi tampilan kilau gelas kaca bening yang memukau menjadi tak menarik lagi. Pencucian gelas yang berulang-ulang adalah penyebabnya.

Seringkali, tampilan gelas kaca yang keruh disebabkan oleh kontak yang konsisten dengan air sadah (yaitu air yang mengandung kalsium, kapur, atau mineral lainnya) dan kekeruhan ini sulit untuk dihilangkan.

Baca juga: Cara Membersihkan Gelas Kaca yang Buram, Bisa Kembali Bening

Jika kamu ingin menyingkirkan tampilan keruh pada gelas kaca bening milikmu, berikut ini ada beberapa cara untuk mewujudkannnya, seperti yang dilansir dari beberapa sumber, Kamis (18/03/2021).

1. Rendam gelas kaca yang keruh di air panas

Rendam gelas kaca bening milikmu yang sudah tampak keruh ke dalam air panas sebelum mencucinya. Ini membantu menghilangkan bau dan membersihkan noda.

Tambahkan sabun pencuci piring ke dalam air untuk menghilangkan bau air. Sabun pencuci jeruk nipis efektif untuk membersihkan gelas minum dengan mudah.

2. Diamkan gelas di air panas berisi sabun pencuci piring

Biarkan gelas dalam air panas yang tercampur sabun pencuci piring selama 30-60 menit, lalu bilas dengan air dan gunakan spons untuk membersihkan gelas dari dalam dan luar.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Air dari Gelas di Meja Kayu

3. Gunakan cuka putih

Kamu juga bisa menggunakan cuka putih untuk membersihkan gelas minum dengan mudah.

Panaskan cuka putih dalam mangkuk atau tambahkan beberapa tetes dalam air panas. Sekarang rendam gelas kotor dalam cuka panas selama 45 menit.

Sekarang gosok dengan spons dan bersihkan noda putih dari gelas kaca. Cuci dengan sabun pencuci piring lalu bilas bersih dengan air. Gosok dengan sepotong kain microfiber dan biarkan mengering.

4. Tambahkan irisan lemon

Kamu bisa menggosok noda dengan irisan lemon. Cuci gelas minum dengan air panas lalu gosok dengan irisan lemon. Lemon menghilangkan bau pada gelas kaca dan menghilangkan noda.

5. Tambahkan soda kue

Tambahkan 1 sendok teh soda kue dalam air panas dan rendam gelas selama 30 menit. Cuci gelas minum dengan sabun cuci piring dan bilas dengan air.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com