Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikan Cupang Perlu Dijemur dari Paparan Sinar Matahari, Apa Manfaatnya?

Kompas.com - 10/03/2021, 15:18 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam memelihara ikan cupang, ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk memastikan ikan cupang bisa hidup dan memiliki tampilan yang baik, salah satunya adalah menjemur ikan cupang.

Bagi seseorang yang merawat atau memelihara ikan cupang, mereka disarankan untuk menjemur ikan cupangnya dari paparan cahaya matahari.

Namun, menjemur ikan cupang yang dimaksud di sini adalah bukan menjemurnya secara langsung dari paparan cahaya sinar matahari.

Baca juga: Jangan Beri Makan Ikan Cupang dengan Kutu Air Jet, Kenapa?

Setiap ikan cupang hanya perlu dijemur dari paparan cahaya sinar matahari secara tidak langsung.

Menjemur ikan cupang sendiri dianggap sebagai salah satu cara penting dalam merawat ikan cupang, sehingga rutinitas ini tidak boleh dilewatkan.

Namun, bagi kamu yang baru bermain ikan cupang, atau seorang pemula, mungkin kamu bertanya-tanya, "apa manfaat dari menjemur ikan cupang?".

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/3/2021), kamu perlu tahu bahwa ada cukup banyak manfaat ketika ikan cupang dijemur.

Manfaat menjemur ikan cupang

1. Membuat ikan cupang fit dan lincah

Dilihat dari Channel Youtube Cupang Kampung, salah satu manfaat menjemur ikan cupang adalah agar membuat ikan cupang menjadi lebih fit dan lincah, karena mereka mendapatkan cahaya dari sinar matahari.

Baca juga: Berapa Lama Ikan Cupang Hidup? Ini Penjelasannya

2. Membuat fisik ikan cupang lebih kuat

Ikan cupang yang dijemur juga berpengaruh terhadap fisik ikan cupang yang lebih kuat. Apabila fisik ikan cupang sudah lebih kuat, secara otomatis merela tidak gampang terkena penyakit, atau terhindar dari penyakit.

3. Meningkatkan agresif

Melihat channel Youtube Edo Gagan, ikan cupang yang dijemur bisa membuat mereka jadi lebih bergairah dan semangat, sehingga ikan cupang yang dimiliki bisa jadi lebih agresif.

4. Membunuh spora atau parasit

Menjemur ikan cupang juga berguna untuk membunuh spora atau jamur, maupun parasit yang ada di dalam air wadah untuk ikan cupang.

Selain itu, paparan cahaya sinar matahari juga mampu membunuh parasit atau jamur yang sudah menempel di tubuh ikan cupang.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com