Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Abai Dibersihkan, 6 Hal Ini Bisa Jadi Berbahaya dan Picu Kebakaran

Kompas.com - 10/03/2021, 12:31 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap penghuni rumah pasti ingat untuk membersihkan sisa-sisa makanan dari meja, menyedot debu dari sudut ruang, dan segala macam hal yang membuat rumah kotor.

Tapi, ada beberapa area rumah yang tidak begitu kotor, namun apabila dibiarkan terlalu lama, sebenarnya hal tersebut bisa berbahaya.

Lain kali, ketika kamu melakukan pembersihan rumah yang menyeluruh, pastikan untuk mengunjungi tempat-tempat ini juga agar rumah dan keluargamu tetap aman.

Baca juga: Kebiasaan Buruk di Rumah yang Bisa Memicu Kebakaran

Dilansir dari Reader's Digest, Rabu (10/3/2021), berikut ini 6 hal yang bisa jadi berbahaya dan menyebabkan kebakaran jika kamu abai membersihkannya.

1. Oven pemanggang roti

Oven pemanggang roti adalah salah satu barang elektronik yang cukup umum digunakan. Namun, jika tidak cukup dibersihkan, maka oven pemanggang roti bisa menyalakan api.

Ketika sisa-sisa makanan tercecer jatuh dan menumpuk di dasar pemanggang, lalu pemanggang roti digunakan lagi, sisa-sisa makanan tersebut lama-kelamaan bisa mulai berasap.

“Saya juga telah melihat ini terjadi dengan keju atau bahan makanan lain yang meleleh ke panel pemanas,” kata Spencer Dirocco, pemilik K1 Cleaning and Restoration.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Membersihkan Oven? Ini Penjelasannya

Benda yang menyentuh sumber panas bisa menjadi sangat berbahaya karena akan mulai berasap lebih cepat daripada remah di baki bawah.

"Saya sarankan untuk membersihkan sisa-sisa makanan dari oven pemanggang setelah digunakan dan memastikan tidak ada yang menyentuh sumber panas," pesan Spencer.

2. Hama dan hewan liar

Ketika kamu memikirkan tentang potensi bahaya kebakaran di rumahmu, hama dan hewan liar mungkin tidak terlintas dalam pikiranmu.

Jika kamu tidak memasang jebakan, membersihkan benda-benda yang menariknya, atau mengambil tindakan untuk memastikan hama dan hewan liar keluar dari rumah, mereka bisa masuk ke dalam rumahmu dan berpotensi menyulut api.

“Misalnya, jika tikus membangun sarang di dalam dindingmu dari barang-barang yang mudah terbakar, pikirkan kertas, kamu bisa berakhir dengan situasi yang tidak stabil,” kata Michael DiMartino, Wakil Presiden Senior Instalasi di Power Home Renovation.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com