Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/03/2021, 08:37 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menjadikan nuansa sejuk dan indah, ternyata merawat bunga dapat meningkatkan suasana hati semakin senang.

Beberapa penelitian menyebutkan, merawat tanaman akan membuat suasana hati semakin bagus, peningkatan kreativitas, serta membuat seseorang fokus.

Dilansir dari Country Living, Rabu (10/3/2021), Anda dapat memberikan nuansa senang di dalam rumah dengan membawa beberapa bunga dan menjadikannya elemen dekorasi. Lantas, bunga apa saja yang dapat membuat suasana hati semakin senang?

Baca juga: Bunga-bunga Cantik yang Melambangkan Harapan

Ilustrasi bunga chrysanthemum atau krisan. PIXABAY/MANFRED RICHTER Ilustrasi bunga chrysanthemum atau krisan.

1. Krisan meningkatkan mood

Tidak sekadar mencerahkan ruangan, namun bunga krisan memiliki efek mengangkat dan mencerahkan suasana hati.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pengaruhnya dapat berlangsung selama berhari-hari, terbukti jauh lebih kuat daripada sebatang cokelat.

Bunga krisan dapat mengusir kecemasan, kekhawatiran dan kesedihan, membuat orang merasa kurang tertekan, bermasalah atau gelisah. Ini terkait dengan warna, bau atau bahkan tindakan memberi atau menerima bunga.

Krisan telah terbukti mengurangi gejala kecemasan dan stres, dan ketika diminum sebagai teh, bunga ini mendinginkan dan menenangkan tubuh seseorang.

Baca juga: Mengenal 10 Bunga Cantik dan Maknanya

Ilustrasi bunga lisianthus. PIXABAY/MOHANN Ilustrasi bunga lisianthus.

2. Lisianthus mendorong kreativitas

Bunga segar dapat memicu kreativitas. Inspirasi, ide-ide baru, dan kemampuan memecahkan masalah semuanya terbukti, efek positif dari tanaman dan bunga di tempat kerja, dihasilkan oleh peningkatan suasana hati dan kebahagiaan secara umum.

Bunga merah, seperti ruby Ranunculus, terkait dengan konsentrasi dan perhatian terhadap detail, sedangkan batang biru, seperti anemon halus atau Lisianthus cantik, mendorong kreativitas dan pemikiran bebas.

3. Melati membantu tidur

Tidur memainkan peran penting dalam kesejahteraan fisik dan mental kita.

Tanpanya kita dapat mengalami masalah dalam membuat keputusan, memecahkan masalah, atau mengatasi perubahan. Emosi juga dapat dengan cepat menjadi tidak terkendali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com