Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jika Abai Dibersihkan, 6 Hal Ini Bisa Jadi Berbahaya dan Picu Kebakaran

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap penghuni rumah pasti ingat untuk membersihkan sisa-sisa makanan dari meja, menyedot debu dari sudut ruang, dan segala macam hal yang membuat rumah kotor.

Tapi, ada beberapa area rumah yang tidak begitu kotor, namun apabila dibiarkan terlalu lama, sebenarnya hal tersebut bisa berbahaya.

Lain kali, ketika kamu melakukan pembersihan rumah yang menyeluruh, pastikan untuk mengunjungi tempat-tempat ini juga agar rumah dan keluargamu tetap aman.

Dilansir dari Reader's Digest, Rabu (10/3/2021), berikut ini 6 hal yang bisa jadi berbahaya dan menyebabkan kebakaran jika kamu abai membersihkannya.

1. Oven pemanggang roti

Oven pemanggang roti adalah salah satu barang elektronik yang cukup umum digunakan. Namun, jika tidak cukup dibersihkan, maka oven pemanggang roti bisa menyalakan api.

Ketika sisa-sisa makanan tercecer jatuh dan menumpuk di dasar pemanggang, lalu pemanggang roti digunakan lagi, sisa-sisa makanan tersebut lama-kelamaan bisa mulai berasap.

“Saya juga telah melihat ini terjadi dengan keju atau bahan makanan lain yang meleleh ke panel pemanas,” kata Spencer Dirocco, pemilik K1 Cleaning and Restoration.

Benda yang menyentuh sumber panas bisa menjadi sangat berbahaya karena akan mulai berasap lebih cepat daripada remah di baki bawah.

"Saya sarankan untuk membersihkan sisa-sisa makanan dari oven pemanggang setelah digunakan dan memastikan tidak ada yang menyentuh sumber panas," pesan Spencer.

2. Hama dan hewan liar

Ketika kamu memikirkan tentang potensi bahaya kebakaran di rumahmu, hama dan hewan liar mungkin tidak terlintas dalam pikiranmu.

Jika kamu tidak memasang jebakan, membersihkan benda-benda yang menariknya, atau mengambil tindakan untuk memastikan hama dan hewan liar keluar dari rumah, mereka bisa masuk ke dalam rumahmu dan berpotensi menyulut api.

“Misalnya, jika tikus membangun sarang di dalam dindingmu dari barang-barang yang mudah terbakar, pikirkan kertas, kamu bisa berakhir dengan situasi yang tidak stabil,” kata Michael DiMartino, Wakil Presiden Senior Instalasi di Power Home Renovation.

Demikian pula, tupai dapat menimbulkan masalah di lotengmu, karena mereka dapat memasuki ruang interior melalui celah apapun yang terbentuk dari waktu ke waktu untuk menemukan kabel listrik sebagai camilan baru mereka

3. Exhaust fan kamar mandi

Salah satu bahaya kebakaran yang paling sering diabaikan di rumah adalah exhaust fan (kipas angin) kamar mandi. Jika kamu memiliki exhaust fan yang sudah tua dan kotor dan berdebu, motor dapat menjadi terlalu panas dan memicu kebakaran.

“Kipas kamar mandi yang lebih baru biasanya memiliki motor yang terlindung dari panas (motor mati jika terlalu panas), tetapi kipas yang lebih tua tidak memiliki fitur keselamatan ini,” kata Arie Van Tuijl, inspektur rumah berlisensi dan Pendiri Home Inspector Secrets.

Jika debu dan kotoran mencekik motor, dan penutup kipas atau kisi-kisi tersumbat debu, motor dapat dengan mudah menjadi terlalu panas dan menimbulkan bahaya kebakaran. 

Tuijl merekomendasikan pembersihan penutup exhaust fan kamar mandi setidaknya setahun sekali dan motor itu sendiri setidaknya setiap beberapa tahun.

4. AC

Meskipun AC dimaksudkan untuk mendinginkan rumah, namun jika tidak dirawat dan dibersihkan secara rutin oleh tenaga profesional, dapat berpotensi menyulut api.

“Penyebab utamanya adalah kabel di AC. Kabel rusak dapat terjadi karena berbagai alasan atau hanya karena keausan," jelas Albert Lee, pendiri Home LivingLab.

Jika kabel benar-benar putus, risikonya rendah. Namun, jika sebagian kabel putus atau robek, daya masih terus mengalir dengan resistansi yang meningkat. Hal ini menyebabkan panas berlebih dan berpotensi memicu kebakaran listrik.

Beberapa pemilik rumah mungkin mencoba untuk sementara memperbaiki kabel yang rusak dengan mengikat potongan tembaga dan menutupinya dengan selotip.

Ini juga sangat berbahaya karena panas dari kawat akan melelehkan selotip dan bisa terbakar. Lee merekomendasikan untuk membersihkan unit AC setiap 3 bulan jika AC sering digunakan.

5. Cooker hood

Membersihkan rangehood atau cooker hood yang kamu miliki di dapur secara teratur dapat mencegah kebakaran minyak dan kebakaran yang disebabkan oleh asap minyak goreng.

“Karena minyak dan sisa asap dapat menumpuk di ventilasi, kuncinya adalah membersihkan filter rangehood secara teratur,” kata Eamon Lynch, Direktur Layanan Garansi di Power Home Remodeling.

Untuk pembersihan, Lynch merekomendasikan untuk menggunakan sedikit air panas, soda kue, dan sabun penghilang lemak sebulan sekali.


"Jika penumpukan terus berlanjut, filter dapat tersumbat dan bahkan menghancurkan langit-langitmu dengan gelembung dan residu di mana knalpot tidak dapat keluar dengan benar," ujar Lynch.

6. Pengering rambut

Saat kamu menggunakan pengering rambut setiap hari, kotoran, rambut, dan debu mulai menumpuk dan bisa menjadi berbahaya.

“Jika alat mengeluarkan bau seperti rambut terbakar, jika mengejutkan atau membuatmu terbakar, ini pertanda pasti perlu dibersihkan atau diganti,” kata ahli kelistrikan di Mister Sparky.

Selain itu, kabel daya pengering rambut bisa menjadi terlalu panas yang juga menyebabkan pelelehan, kebakaran, atau ledakan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/10/123100876/jika-abai-dibersihkan-6-hal-ini-bisa-jadi-berbahaya-dan-picu-kebakaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke