Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2021, 17:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman perlu secara rutin diberikan pupuk agar dapat hidup dan tumbuh dengan baik. Pupuk tanaman yang dapat Anda gunakan bisa berupa pupuk kimia maupun pupuk organik.

Pupuk organik dapat dibuat dari limbah dapur yang mudah ditemukan di rumah Anda, termasuk kulit pisang.

Nah, untuk Anda yang ingin membuat pupuk tanaman dari kulit pisang, berikut 5 caranya, seperti dikutip dari Balcony Garden Web, Minggu (7/2/2021).

Baca juga: Kulit Pisang Bisa Menyuburkan Tanaman? Begini Caranya

1. Keringkan kulit pisang, lalu kubur

Anda bisa mengeringkan kulit pisang yang telah dicincang di dalam oven, atau Anda bisa meletakkan kulit pisang cincang di bawah sinar matahari di bawah saringan untuk membantunya mengering menjadi keripik pisang. Sebarkan bit kering di tengah tanaman dan sirami.

Cara lainnya, Anda dapat menguburnya di tanah tanaman pot Anda, atau menggunakannya sebagai mulsa.

2. Tambahkan ke tanah saat menanam

Yang perlu Anda lakukan adalah memotong kulit pisang menjadi potongan-potongan kecil dan meletakkannya hingga kering dengan kulit menghadap ke bawah di atas kertas roti atau loyang. Tempatkan dalam oven lambat yang dipanaskan sampai kira-kira 76-93 derajat celsius.

Setelah kulit pisang menjadi hitam, renyah dan rapuh, keluarkan kulitnya dan haluskan dalam food processor sampai menjadi bubuk dan mencapai tekstur yang mirip dengan bubuk kopi.

Baca juga: Kopi hingga Kulit Pisang, 6 Pupuk Alami untuk Tanaman Hias Indoor

Kemas sebagian di dalam kantong ziplock dan simpan di freezer untuk mempertahankan kesegarannya. Simpan beberapa untuk segera digunakan, dan campur dengan tanah untuk mendorong pertumbuhan mikroba tanah yang bermanfaat dan memfasilitasi pemecahan dan pelepasan nutrisi.

3. Semprotan daun dari kulit pisang kering

Semprotan daun ini terbuat dari dua sendok makan kulit pisang kering, dan satu sendok makan kulit telur dan garam Epsom. Campur semua bahan ini menjadi satu dalam blender dan tuangkan campuran ujung ke dalam botol semprot.

Isi dengan jumlah air yang sama dan kocok hingga tercampur rata. Semprotkan pupuk ini langsung ke tanaman, atau di tanah kebun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com