Kompas.com - 07/02/2021, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Blender menjadi salah satu alat yang sangat membantu pekerjaan rumah tangga mulai dari memasak, sampai membuat jus sehat.

Namun, membersihkan blender setelah memakainya kerap kali memakan waktu. Beberapa komponen yang ada di dalamnya dan sisa-sisa makanan, membuat blender harus dibersihkan dengan teliti.

Sebenarnya, membersihkan blender sebenarnya bisa sesederhana menggunakannya. Tidak perlu pembersihan khusus untuk membuat blender berkilau, cukup melakukan beberapa metode langsung dalam beberapa langkah sederhana.

Baca juga: Perbedaan Blender dan Chopper, Mana yang Bisa Jadi Pilihan?

Dilansir dari Woman and Home, Minggu (7/2/2021), berikut adalah cara sederhana membersihkan blender:

1. Bongkar gelas blender

Setelah mengetahui cara menggunakan blender, kamu harus membersihkannya agar selalu dalam kondisi baik. Adapun langkah pertama adalah membongkarnya, karena, kita tidak dapat mencuci semua bagiannya dengan cara yang sama.

Kebanyakan model blender memiliki dua komponen kunci blender yang dapat dilepas gelas penggiling dan tutupnya. Untuk melepasnya, cukup putar saja tutupnya searah jarum jam.

Setelah ini selesai, lepaskan jug dari dudukannya, pada kebanyakan model, hal ini dilakukan dengan memutarnya berlawanan arah jarum jam untuk melepaskan mekanisme. Akhirnya tarik ke atas untuk mengeluarkan tabung blender. 

Baca juga: Simak, Cara Mudah Membersihkan Blender

2. Buang sisa makanan

Sekarang untuk memulai proses pembersihan, kosongkan jug atau gelas pada blender yang telah kamu gunakan dan buang semua sisa makanan mentah dengan hati-hati ke tempat sampah makanan.

Gunakan spatula silikon kecil untuk menyeka sekitar mata pisau, bagian yang paling sulit dibersihkan, serta untuk menyeka permukaan bagian dalam jug secara menyeluruh. Periksa juga tutupnya untuk sisa limbah.

3. Bilas dan ulangi

Untuk menghilangkan sisa makanan yang paling sulit dihilangkan, bilas tutup, jug dan pisau di bawah air hangat sebelum mencucinya dengan lembut menggunakan air sabun hangat sampai benar-benar bersih.

Berhati-hatilah untuk menghindari menyentuh pisau blender agar tak merusak alat dan melukai jari-jarimu. Bilas kembali setiap bagian untuk menghilangkan semua sisa sabun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.