Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Mendekorasi Ruangan dengan Cermin? Perhatikan Hal Ini

Kompas.com - 08/02/2021, 09:22 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti yang diketahui, jika cermin bisa memberikan kesan terang dan besar pada ruangan.

Untuk itu, selain pewarnaan cat pada dinding rumah, cermin bisa menjadi solusi yang baik untuk membuat rumah terlihat lebih besar dan terang. Cermin dapat memantulkan cahaya alami atau buatan sehingga menerangi sisi atau ruang gelap dalam rumah.

Dilansir dari Decortips, Senin (8/2/2021), cermin adalah elemen dekoratif, praktis dan memberikan kesan kedalaman dan kilau pada ruangan mana pun. Jika Anda meletakkan cermin di tempat yang tepat, Anda akan membuat ruangan terlihat lebih baik.

Baca juga: Panduan Memilih Cermin di Rumah Menurut Feng Shui

Untuk mendapatkan nuansa terang serta derokasi yang menarik dari cermin, pertama pikirkan tentang apa yang ingin Anda capai dengan cermin tersebut.

Misalnya jika Anda memiliki ruangan kecil dan gelap, cermin di tempat yang tepat bisa membuat ruangan tersebut terlihat lebih lebar dan bercahaya. Atau, cemin ini bisa dijadikan fokus ruangan dengan menggantungnya di atas sofa.

Cara lain untuk menambah kedalaman ruangan adalah dengan cara menggantung cermin menyerupai pintu dan jendela, untuk memberikan kesan kontinuitas dan membuat ruangan terlihat lebih besar dari yang sebenarnya.

Cermin besar

Pilihan lainnya untuk mendekorasi ruang menggunakan cermin adalah penggunaan cermin besar. Cermin besar tampak elegan dan bisa menjadi titik fokus di ruangan mana pun.

Baca juga: Mau Pasang Cermin di Kamar Mandi? Simak, Ini Panduannya

Mereka bagus untuk kamar tidur, ruang makan atau aula. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa aspek dasar desain.

Jika cermin tinggi tetapi tidak lebar, senderkan cermin ini di dinding. Sebaliknya, jika lebih lebar dari pada tingginya, yang terbaik adalah menggantungnya.

Jika ruangan tempat Anda ingin meletakkannya kecil, jangan letakkan cermin di lantai. Ini akan menjadi gangguan dan akan membuat ruangan terasa lebih kecil.

Jenis cermin

Untuk mendekorasi ruangan, pilih cermin yang sesuai dengan ruanga, berikut beberapa jenis cermin yang dapat mejadi pilihan. 

Halaman:
Sumber Decortips
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com