Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/02/2021, 10:02 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki ukuran dan bobot yang berat, membuat lemari es atau kulkas diletakkan menempel di dinding. Hal ini berkaitan dengan dapur yang memiliki ruang terbatas, sehingga lemari es diletakkan menempel dengan dinding.

Padahal, harus ada jarak antara lemari es dan dinding sekitar 2 cm hingga 5cm.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Jumat (5/2/2021) biasanya, lemari es diletakkan di ceruk dapur yang terletak di sebelah atas meja dengan penyimpanan kabinet di atasnya.

Baca juga: Buah-buahan Ini Tak Bagus Disimpan di dalam Kulkas

Sehingga, sebelum meletakkannya Anda perlu mengukur ceruk terlebih dahulu sehingga mengetahui lemari es dengan desain dan ukuran seperti apa yang bisa diletakkan.

Ukur terlebih dahulu

Untuk mendapatkan lokasi yang pas untuk meletakkan lemari es, ukur tinggi, lebar, dan kedalaman ceruk dengan pita pengukur. Hal yang perlu diingat adalah mengukur hanya lemari es itu sendiri tidak akan berhasil dan tidak akan memberikan tempat yang pas.

Sehingga, pastikan untuk mengukur bukaan ceruk dari atas, tengah, dan bawah. Untuk dinding samping, berikan jarak sekitar 2 cm dan hindari meletakkannya terlalu dekat dengan dinding, hal ini akan menyulitkan ketika ingin membuka atau meletakkan bahan makanan di dalam lemari es.

Selain itu, Anda harus memiliki cukup ruang untuk kompresornya.

Baca juga: Jangan Hilangkan Bau Kulkas dengan Baking Soda, Ini Penjelasannya

Jangan berdekatan dengan peralatan elektronik lainnya

Untuk memperpanjang umur lemari es, jangan letakkan di samping mesin pencuci piring, kompor atau oven. Panas ekstra ini dapat menambah beban pada kemampuan pendinginan lemari es, dan akan membuat masa pakainya lebih pendek.

Jaga agar suhu tetap disesuaikan dengan rekomendasi produsen, dan ingatlah untuk membersihkan secara teratur.

Masalah lain yang dapat terjadi dengan membeli lemari es dengan ukuran yang salah adalah ketika pintu lemari es membentur dinding.

Saat mengukur ceruk, berikan ruang yang cukup untuk membuka pintu. Jika akan berada di dekat dinding, beri jarak 2 hingga 5 cm inci antara sisi engsel dan dinding; jika tidak, Anda mungkin tidak dapat membukanya sepenuhnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com