Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membersihkan Rice Cooker agar Kembali Kinclong dan Higienis

Kompas.com - 04/02/2021, 16:35 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karena hampir setiap hari di buka dan di tutup oleh setiap penghuni rumah untuk mengambil nasi, tentu rice cooker yang kamu miliki di rumah dapat menjadi kotor, bahkan menjadi tempat berkumpulnya kuman pada bagian gagangnya.

Belum lagi debu dan kotoran yang ada di udara juga ikut menempel dan mengotori material luar rice cooker, sehingga membuatnya terkesan tidak higienis.

Oleh karena itu, penting bagimu untuk membersihkan rice cooker, agar memastikannya terus berfungsi dengan baik sekaligus membuat tampilannya lebih baik untuk dilihat.

Baca juga: Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com, Apa Bedanya?

Cara membersihkan rice cooker bergantung pada model dan jenis bahan pembuatnya, terutama jika rice cookermu menggunakan panci yang memiliki lapisan anti lengket. Akan tetapi, untuk sebagian besar rice cooker, metode pembersihan sederhananya akan sama.

Meskipun membersihkan rice cooker dapat dilakukan dengan cepat dan sederhana, kebanyakan orang cenderung menunda pembersihan secara menyeluruh sampai mereka menyadari bahwa rice cookernya tidak berfungsi seperti biasa.

Teruskan membaca untuk mengetahui mengapa kamu perlu membersihkan rice cooker setelah digunakan dan cara membersihkannya dengan benar agar tetap berjalan lancar, dilansir dari My Asian Cooking, Kamis (4/2/2021).

Tindakan pengamanan

Sebelum kamu mulai membersihkan rice cooker, disarankan untuk membaca buku manual penggunaan yang ada. Setelah itu ikuti tindakan pengamanan.

Baca juga: Jangan Mencuci Beras Langsung di Panci Rice Cooker, Kenapa?

Tindakan pencegahan keselamatan berikut ini akan memastikanmu membersihkan rice cooker dengan benar, tanpa merusak komponen listrik.

Aturan pertama dalam membersihkan semua jenis alat elektronik, termasuk rice cooker adalah menghindari komponen listrik terkena air.

Rice cooker dicolokkan ke stopkontak, jadi harus dijaga tetap kering dan jangan pernah terendam air. Pastikan kamu juga menghindari elemen pemanas pelat di dalam rice cooker basah.

Untuk memulai, buka tutup dan kekuarkan panci rice cooker dan lihat elemen pemanas di dalamnya. Jangan pernah mencoba membersihkan bagian kompor listrik dari rice cooker sebelum mendingin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com