Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Mencuci Beras Langsung di Panci Rice Cooker, Kenapa?

Kompas.com - 01/02/2021, 18:50 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat akan memasak nasi di rice cooker, tidak sedikit orang pasti akan mencuci berasnya menggunakan wadah atau panci rice cooker.

Mencuci beras langsung dari panci rice cooker dianggap sebagian orang menjadi cara yang lebih mudah dan praktis, sehingga proses memasak nasi bisa lebih cepat.

Sayangnya, mencuci beras langsung dari panci rice cooker nyatanya tidak pernah disarankan, karena menyebabkan beberapa permasalahan negatif.

Baca juga: Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com, Apa Bedanya?

Dirangkum dari beberapa sumber, Senin (1/2/2021), mencuci beras di panci rice cooker dapat menggores anti lengket yang biasanya ada pada bahan panci rice cooker.

Jika kamu pernah menginjak beras atau mencoba memegangnya, kamu tahu bahwa beras itu keras, tajam dan sakit, jadi bisa dibayangkan bahwa mencuci beras di dalam panci rice cooker sangat merusak.

Saat mencuci beras langsung dari panci rice cooker, butiran beras yang tajam serta kasar akan mampu mengikis dan menggores lapisannya hingga rusak.

Lama kelamaan, anti lengket panci rice cooker mengelupas dan tampilannya tidak akan bagus lagi. Hal ini juga bisa memengaruhi proses pemasakan nasi.

Baca juga: Simak, Cara Mudah Membersihkan Rice Cooker dan Magic Com

Selain itu, bahan anti lengket panci rice cooker yang mengelupas bisa sangat berbahaya ketika tercampur dengan nasi yang kamu makan.

Umumnya lapisan antilengket pada panci rice cooker terbuat dari PFOA atau asam perfluorooctanoic. Bahan ini juga digunakan pada proses pembuatan wajan teflon.

Penggunaan bahan PFOA sendiri pernah jadi permasalahan yang diperdebatkan dalam di dunia kesehatan, karena dianggap membahayakan kesehatan seseorang.

Oleh karena itu, ketika lapisan anti lengket ini mengelupas dan bercampur dengan nasi yang dimakan, maka ancaman kesehatannya semakin tinggi.

Selain itu, panci rice cooker yang telah mengelupas juga membuat nasi jadi bisa menempel dan berkerak, karena fungsi antilengket sudah tidak optimal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com