Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Sebaiknya Menghangatkan Nasi di Rice Cooker?

Kompas.com - Diperbarui 28/03/2023, 13:47 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rice cooker atau penanak nasi adalah salah satu peralatan elektronik rumah tangga wajib yang dimiliki hampir setiap penghuni rumah, mungkin kamu juga termasuk yang memilikinya.

Biasanya rice cooker diletakkan di ruang dapur, yang mana menjadi perabotan inti bersama kompor, kulkas, blender, mixer dan sebagainya pada ruang tersebut.

Alat satu ini berguna untuk memudahkan kegiatan memasak nasi, cukup memasukkan beras berisi air ke dalam panci rice cooker lalu memencet tombol memasak, nasi pun akan matang dalam kurun waktu tidak lebih dari 30 menit.

Baca juga: Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com, Apa Bedanya?

Ilustrasi rice cooker, memasak nasi di rice cooker.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi rice cooker, memasak nasi di rice cooker.

Saat nasi matang, rice cooker juga menjadi tempat yang cocok untuk menghangatkan nasi, agar membuatnya tetap hangat dan terjaga.

Akan tetapi, berapa lamakah waktu yang disarankan untuk menyimpan nasi di rice cooker? Apakah aman jika dibiarkan lama? Apakah layak untuk dikonsumsi?

Dilansir Twinstripe,nasi yang disimpan selama satu hari di dalam rice cooker dapat mengembangkan bakteri dan meracuni manusia.

Nasi yang dimasak dan disimpan di rice cooker untuk tetap hangat bisa bertahan selama 11 hingga 12 jam dan hanya itu waktu yang disarankan, tidak boleh lebih dari itu.

Baca juga: Simak, Cara Mudah Membersihkan Rice Cooker dan Magic Com

Saat nasi dibiarkan tak tersentuh selama beberapa jam di dalam rice cooker, hal itu akan banyak membentuk nasi yang mengering.

Setelah 11 sampai 12 jam, nasi akan mulai menguning dan akan berkembang banyak bakteri. Nasi tidak lagi manis rasanya karena akan mulai kehilangan kadar gulanya setiap jam berlalu.

Namun, dilansir Smart Kitchen Improvement, beberapa jenis rice cooker yang mahal bisa mengawetkan nasi lebih lama dari yang lain.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com