Kompas.com - 04/02/2021, 11:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Daun keriting merupakan salah satu dari sekian permasalahan pada tanaman cabai yang sering terjadi saat proses membudidayakannya.

Daun cabai yang menjadi keriting disebabkan oleh serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) yang berasal dari golongan hama.

Hama yang menyerang menjadi faktor terbesar penyebab terjadinya kegagalan pertumbuhan pada tanaman cabai, daun keriting menjadi salah satu contoh kerusakan atau kegagalan pertumbuhan.

Baca juga: Mengapa Tanaman Cabai Menguning dan Rontok? Ini Sebabnya

Hama kutu daun merupakan penyebab daun keriting pada tanaman cabai. Biasanya hama ini muncul atau terdapat di belakang daun.

Jenis hama yang menyebabkan daun keriting pada tanaman cabai adalah trhips, tungau dan aphids. Selain tanaman cabe, ketiga hama itu juga bisa menyerang tanaman lainnya.

Di saat musim penghujan yang terjadi seperti sekarang ini, biasanya hama kutu daun akan sangat banyak perkembangan dan populasinya, sehingga mudah muncul pada tanaman.

Oleh karena itu, apabila hama ini sudah mulai menyerang tanaman cabai yang kamu miliki, maka segera basmi untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Baca juga: Trik Membuat Tanaman Cabai Tumbuh Lebat

Untuk pembasmian hama kutu daun yang menyebabkan daun keriting pada tanaman cabai tidaklah sulit dan sangat bisa untuk segera kamu praktikkan.

Dikutip dari tayangan kanal Youtube Tanaman Rumah, Kamis (4/2/2021), cara membasmi hama penyebab daun keriting pada tanaman cabai adalah dengan menggunakan kombinasi perpaduan air, sabun pencuci piring, minyak, dan jeruk nipis.

Campuran bahan-bahan yang disebutkan di atas disebut efektif untuk membunuh hama kutu daun penyebab keriting daun pada tanaman cabai.

Berikut ini cara pembuatan larutan untuk membasmi hama kutu daun yang menyebabkan daun keriting pada tanaman cabai.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.