Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2021, 12:14 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa wilayah di Indonesia, yakni di Majene, Sulawesi Barat dan Bitung, Sulawesi Utara, baru saja dilanda bencana gempa bumi dengan kekuatan yang cukup dahsyat.

Gempa bumi sendiri menjadi peristiwa alam yang datangnya tidak bisa diprediksi dengan tepat, sehingga kerap membuat banyak orang kesulitan untuk segera menyelamatkan diri, apalagi saat berada di dalam bangunan.

Namun, ada banyak legenda urban di luar sana yang menyebutkan kalau kucing dapat memprediksi gempa bumi beberapa menit atau bahkan beberapa jam sebelum gempa benar-benar terjadi.

Baca juga: Rumah Terdampak Gempa Bumi? Ini yang Harus Diperhatikan

Seekor kucing dianggap memiliki detektor gempa tersendiri yang bisa sangat berguna, tetapi seberapa akurat itu? Bisakah kucing merasakan gempa sebelum benar-benar terjadi?

Mengenai beberapa pertanyaan tersebut, berikut ini beberapa hal tentang kemampuan kucing untuk merasakan gempa yang datang, dilansir dari Floopy Cats, Sabtu, (16/1/2021).

Apakah insting kucing dapat mendeteksi gempa bumi?

Menurut Seismological Society of America (SSA), anggapan kucing mampu memprediksi gempa kurang tepat.

Meskipun ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa kucing sebenarnya sensitif terhadap gelombang seismik, tapi tidak mungkin untuk menggeneralisasi dan mengasumsikan bahwa kucing mana pun dapat tanggap terhadap gempa bumi.

Baca juga: 7 Makanan Manusia yang Berbahaya untuk Kucing, Alpukat hingga Susu

Ada satu teori yang menyatakan bahwa kucing sensitif terhadap perubahan statis yang terjadi tepat sebelum gempa bumi.

Secara teoritis, begitu pula manusia, tetapi perasaan itu dapat dengan mudah disalahartikan sebagai sakit kepala atau ketidaknyamanan sederhana.

Teori lain menunjukkan bahwa kucing dapat merasakan getaran kecil yang terjadi di bumi, sebelum gempa melalui bantalan kakinya, yang sangat sensitif bahkan terhadap gerakan terkecil sekalipun.

Bagaimana reaksi kucing sebelum gempa bumi?

Jadi, ada kemungkinan kucingmu dapat meramalkan gempa bumi, tetapi bagaimana kamu tahu gempa itu terjadi? Bagaimana reaksi kucing saat merasakan gempa datang?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com