Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kucing Muntah Air? Kenali Penyebab dan Penanganannya

Kompas.com - 10/01/2021, 15:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing kerap kali muntah, penyebab dan apa yang dimuntahkan pun bisa beragam. Namun, jika kucing muntah air, maka ini bisa menjadi pertanda penyakit serius.

Dilansir dari The Spruce Pets, Minggu (10/1/2021), muntah merupakan gejala yang dianggap tidak spesifik. Akan tetapi, muntah dapat dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan.

Beberapa di antaranya dapat mencakup hal-hal seperti reaksi alergi, gangguan internal, pankreatitis, sengatan panas atau hipertermia, hipotermia, infeksi parasit, penyakit hati, keracunan, stres, depresi, atau bahkan kecemasan.

Baca juga: Kucing Juga Bisa Menderita Diabetes, Ini Gejala dan Penanganannya

Namun, apa sebenarnya penyebab kucing muntah air?

Sulit untuk membedakan antara air dan cairan bening. Muntahan cairan bening merupakan tanda kucing sedang mengeluarkan cairan dari saluran pencernaannya.

Terkadang, jika kucing peliharaab Anda muntah setelah minum banyak air, mereka juga akan memuntahkan cairan bening, air yang baru saja mereka minum. Ketika kucing terlalu banyak minum air terlalu cepat, perutnya menjadi terisi air, akan melar dan membesar sehingga menyebabkan kucing muntah air.

Kondisi yang dapat menyebabkan peningkatan rasa haus dan akibatnya peningkatan konsumsi air termasuk penyakit ginjal, hipertiroidisme, dan diabetes mellitus. Penyebab lain kucing muntah air adalah mabuk perjalanan, bola bulu, gastritis, dan lainnya.

Baca juga: 11 Makanan Manusia yang Aman untuk Kucing, Apa Saja?

Kemungkinan penyebab kucing muntah air

1. Bola bulu

Kucing secara alami adalah hewan yang sangat cermat dalam membersihkan dan merawat dirinya sendiri untuk sebagian besar hari mereka. Saat kucing "mandi," struktur kecil seperti kait di lidahnya menangkap bulu yang lepas dan mati, yang kemudian tertelan.

Mayoritas bulu melewati saluran pencernaan tanpa masalah, tetapi terkadang bulu tetap berada di perut dan membentuk bola bulu.

Biasanya, kucing akan memuntahkan cairan bening sebelum mengeluarkan bola bulu. Untuk membantu mencegah adanya bola bulu pada kucing, ada suplemen makanan yang dijual bebas, baik dalam bentuk kunyah atau gel.

Menerapkan jadwal mandi dan menyikat bulu yang teratur dan membuat kucing nyaman dengan menyikat juga dapat membantu menghilangkan bulu rontok di bulu kucing yang mungkin tertelan saat menjilat bulu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com