Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Produk Pembersih Rumah Kedaluwarsa? Ini Penjelasan Lengkapnya

Kompas.com - 31/12/2020, 09:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk-produk pembersih rumah memang tampaknya lebih tahan lama masa simpannya. Namun demikian, bukan berarti produk pembersih rumah tidak memiliki tanggal kedaluwarsa.

Ya, jika Anda melihat kemasan produk pembersih rumah dengan cermat, Anda akan menemukan banyak di antaranya tercetak tanggal kedaluwarsa. Akan tetapi, banyak di antara kita tidak memerhatikan hal ini.

Oleh karena itu, ke depannya, jika Anda membeli produk pembersih rumah, selalu perhatikan tanggal kedaluwarsanya.

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Gunakan Jasa Pembersih Rumah

Dilansir dari Real Simple, Kamis (31/12/2020), berikut penjelasan mengenai tanggal kedaluwarsa produk-produk pembersih rumah.

Apakah produk pembersih rumah bisa kedaluwarsa?

Jawabannya adalah ya, produk pembersih rumah bisa kedaluwarsa.

"Seperti banyak produk-produk yang dibeli di pasar swalayan, produk pembersih rumah juga bisa kedaluwarsa. Bahkan jika produk tersebut mengandung pengawet, bukan berarti bisa tahan selamanya. Begitu produk mulai rusak, maka bisa berdampak pada sebaik apa enzim bekerja atau mengubah pH, berakibat pada (kinerja) produk yang tidak efektif," kata Brian Sansoni, senior vice president communications, outreach & membership di American Cleaning Institute (ACI).

Begitu produk pembersih rumah kedaluwarsa, beberapa klaim produk tersebut, seperti persentase jumlah kuman yang dapat dibasmi, kemungkinan tidak lagi valid.

Baca juga: 7 Manfaat Cola, Bisa Jadi Pembersih hingga Pupuk Tanaman

Apakah aman menggunakan produk pembersih rumah yang sudah kedaluwarsa?

Produk pembersih, seperti semprotan pembersih permukaan dan sabun cuci piring kemungkinan tidak akan merusak permukaan yang diaplikasikan produk, namun pembersihannya tidak akan efektif.

Anda kemungkinan harus menggunakan kuantitas produk yang lebih banyak atau membersihkan lebih lama untuk mendapatkan hasil yang sama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com