Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Blender Cuma 30 Detik, Mau Coba?

Kompas.com - 28/12/2020, 09:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Blender menjadi salah satu peralatan memasak yang banyak digunakan. Alat ini memudahkan dalam mengolah makanan atau membuat jus buah dan sayur yang menyehatkan.

Nah, untuk Anda yang sering menggunakannya, ada cara super cepat dalam membersihkan blender. Bahkan, blender bisa bersih hanya dalam waktu 30 menit.

Dilansir dari Family Handyman, Senin (28/12/2020), berikut cara membersihkan blender hanya dalam waktu 30 detik.

Baca juga: Perbedaan Blender dan Chopper, Mana yang Bisa Jadi Pilihan?

Pertama, mulailah dengan mengisi separuh blender kotor Anda dengan air hangat. Kemudian, tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring.

Kencangkan tutup blender dan nyalakan selama beberapa detik. Air sabun yang berputar di sekitar blender akan membantu menghilangkan sisa-sisa makanan atau buah.

Setelah itu, matikan blender, lalu buang isi blender tersebut, bilas cepat, dan blender Anda kembali bersih dan bebas dari sisa makanan atau buah-buahan.

Blender mungkin mudah dibersihkan setelah membuat smoothie yang teksturnya ringan, tetapi campuran yang lebih kental dapat meninggalkan noda makanan yang membandel. Ini terutama jika Anda tidak segera membersihkan blender setelah menggunakannya.

Baca juga: Simak, Cara Mudah Membersihkan Blender

Untuk membersihkan noda membandel, gunakan baking soda atau soda kue. Untuk hasil terbaik, isi tabung blender Anda dengan air dan baking soda dengan perbandingan yang sama.

Nyalakan blender selama beberapa detik, buang larutannya, lalu tambahkan air hangat dan sabun. Langkah ekstra mungkin memakan waktu lebih dari 30 detik.

Meskipun trik ini cepat, pastikan untuk membersihkan blender Anda setelah beberapa kali penggunaan untuk mencegah jamur dan bakteri.

Caranya mudah, cukup bersihkan bejana blender, segel gasket, dan bilahnya dengan sabun dan air panas, lalu biarkan mengering dengan sendirinya.

Ketika membersihkan colokan listrik blender, berhati-hatilah. Mencelupkannya ke dalam bak yang berisi air dapat menyebabkan sengatan listrik, jadi cabut blender dan seka dengan handuk basah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com