Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/12/2020, 11:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman hias menjadi salah satu tren hobi sepanjang tahun 2020, dilatarbelakangi pandemi virus corona yang membuat kegiatan di dalam rumah menjadi penting untuk mencegah penularan virus.

Namun demikian, pada dasarnya tanaman hias memberikan banyak manfaat bagi pemilik rumah. Salah satunya, tanaman hias menambahkan nuansa alami dan hijau pada dekorasi rumah.

Meski begitu, jangan lupa pada setiap detil perawatan tanaman hias agar dapat tumbuh dengan baik. Ini termasuk membersihkan daun tanaman hias Anda secara berkala.

Baca juga: 6 Tanaman yang Bagus Untuk Rumah Menurut Feng Shui

Dilansir dari Smart Garden Guide, Jumat (25/12/2020), cara terbaik untuk membersihkan daun tanaman hias bergantung pada jenis tanaman, jenis daun, dan kotoran yang menempel pada daun.

Adapun beberapa cara yang direkomendasikan untuk membersihkan daun tanaman adalah mengelap dengan kain, menggunakan sikat atau kemoceng, dibilas dengan air, maupun disemprot dengan larutan sabun.

Berikut ini beberapa cara membersihkan daun tanaman hias yang dapat diterapkan.

1. Bersihkan dengan kemoceng

Jika hanya ada lapisan debu halus pada daun, Anda dapat segera menghilangkan penumpukan ini dengan kemoceng atau produk serupa lainnya.

Baca juga: Cara Merawat Pilea, Tanaman Koin Berdaun Unik

Sapukan dengan lembut pada dedaunan untuk menghilangkan kotoran sebanyak mungkin tanpa terlalu kasar dan kemungkinan akan mematahkan daun dari batang.

Metode ini tidak selalu menghilangkan kotoran dan debu, namun meminimalkan penumpukan pada daun. Selain itu, cara ini juga memudahkan Anda ketika akan membersihkan daun tanaman hias indoor secara ekstensif.

2. Mengelap daun tanaman dengan kain

Salah satu metode sederhana berikutnya adalah menyeka debu dari daun tanaman hias. Cara ini bekerja paling baik untuk tanaman yang tidak terlalu kotor dan hanya memiliki sedikit daun atau daunnya berukuran lebih besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com