Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menyimpan Daging di Dalam Kulkas dengan Benar

Kompas.com - 21/11/2020, 18:18 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memastikan daging tetap segar dan tak membusuk lebih cepat adalah dengan memasukkannya ke dalam kulkas atau freezer.

Meski begitu, cara menyimpan daging ke dalam kulkas perlu diperhatikan dengan benar, agar kualitasnya terjamin dan tidak menimbulkan bau tak sedap di kulkas.

Berikut ini beberapa cara baik yang perlu dilalukan olehmu saat menyimpan di dalam kulkas atau freezer, dilansir dari beberapa sumber, Sabtu, (21/11/2020).

Baca juga: Simak, Trik Menyimpan Sayuran dan Buah-buahan di Dapur

1. Cek kondisi kulkas dan freezer

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum meletakkan daging ke dalam kulkas atau freezer adalah mengecek kondisinya terlebih dahulu, apakah bersih atau tidak pada seluruh bagiannya.

Jika terlihat kotor, maka kamu perlu membersihkannya agar bakteri yang mungkin ada di kulkas dan freezer tidak mengontaminasi daging.

Selain kebersihan, suhu kulkas dan freezer harus diperhatikan untuk menjaga kualitas daging selama disimpan. Pastikan suhu freezer berada di bawah 10 derajat dan kulkas di bawah 4 derajat celsius.

2. Jangan cuci daging

Jika kamu terbiasa mencuci daging sebelum menyimpannya, maka jangan lagi lakukan hal itu karena bisa membuat bau daging jadi tajam dan tak sedap. Selain itu, air yang meresap akan membuat tekstur daging mudah rusak.

Baca juga: 8 Cara Mudah Menghilangkan Bau pada Kulkas

3. Potong daging menjadi beberapa bagian

Daging yang ingin disimpan ke dalam kulkas atau freezer sebaiknya dipotong-potong dahulu sesuai kebutuhan harian. Hal ini berguna untuk memudahkanmu mencairkan daging.

4. Bungkus daging

Membungkus atau mewadahi daging juga penting untuk menghindari freezer burn, khususnya pada daging dengan kadar lemak yang tinggi.

Freezer burn merupakan sebuah kondisi di mana permukaan daging diselimuti kristal es yang berasal dari molekul air yang menguap.

Untuk mencegahnya, kamu bisa membungkus daging dengan bahan yang aman dan tidak mudah rusak dalam suhu sangat rendah. Pastikan wadah atau kantong plastik yang digunakan terbuat dari bahan food grade.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com