Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2020, 12:55 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Cats

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki hewan peliaharaan seperti kucing harus memerhatikan jumlah makanan yang diberikan setiap harinya.

Jika tidak, akan menyebabkan kucing kelaparan karena kekurangan makan ataupun kelebihan makan dan akan menyebabkan berbagai penyakit.

Bahkan memberi makan kucing secara berlebihan menjadikan kucing bisa kelebihan berat badan, lesu, dan bosan. Sebab pada habitat aslinya, kucing memiliki insting untuk memburu makanannya sendiri, sehingga jika diberikan makanan terus menerus akan menurunkan insting tersebut.

Baca juga: Kenapa Bulu Kucing Rontok hingga Sebabkan Kebotakan? Ini Penyebabnya

Jadi, berapa idealnya harus memberikan makan pada kucing? Dilansir dari cats.org, Selasa (17/11/20), pemberian makan tergantung dari usia kucing itu.

Anak kucing

Anak kucing yang berusia 4-5 minggu memiliki perut yang kecil namun kebutuhan energi yang tinggi, sehingga perlu diberikan makan yang sedikit namun sering.

Ingatlah untuk memeriksa makanan mereka dan menggantinya sebanyak empat kali sehari. Hal ini sangat penting karena untuk menyediakan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya.

Kucing dewasa

Kucing dewasa adalah kucing yang berusia antara satu hingga delapan tahun. Kucing dewasa perlu diberi makan sekali atau dua kali sehari. 

Baca juga: Kenapa Kucing Suka Mengeong di Malam Hari? Ini 6 Penyebabnya

Sesuai dengan naluri nya, anak kucing dewasa akan lebih senang jika disajikan makanan segar, dengan suhu ruangan di mangkuk yang bersih miliknya.

Kucing tua

Kucing yang dianggap senior sudah berusia di atas 8 tahun. Seiring bertambahnya usia kucing, kebutuhannya pun berubah bahkan ada jenis makanan yang khusus untuk memberikan energi tambahan untuk mereka.

Makanan ini mungkin memiliki lebih sedikit protein dan keseimbangan mineral dan vitamin yang dirancang menjaganya agar tetap sehat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com