Kompas.com - 17/11/2020, 12:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki hewan peliaharaan seperti kucing harus memerhatikan jumlah makanan yang diberikan setiap harinya.

Jika tidak, akan menyebabkan kucing kelaparan karena kekurangan makan ataupun kelebihan makan dan akan menyebabkan berbagai penyakit.

Bahkan memberi makan kucing secara berlebihan menjadikan kucing bisa kelebihan berat badan, lesu, dan bosan. Sebab pada habitat aslinya, kucing memiliki insting untuk memburu makanannya sendiri, sehingga jika diberikan makanan terus menerus akan menurunkan insting tersebut.

Baca juga: Kenapa Bulu Kucing Rontok hingga Sebabkan Kebotakan? Ini Penyebabnya

Jadi, berapa idealnya harus memberikan makan pada kucing? Dilansir dari cats.org, Selasa (17/11/20), pemberian makan tergantung dari usia kucing itu.

Anak kucing

Anak kucing yang berusia 4-5 minggu memiliki perut yang kecil namun kebutuhan energi yang tinggi, sehingga perlu diberikan makan yang sedikit namun sering.

Ingatlah untuk memeriksa makanan mereka dan menggantinya sebanyak empat kali sehari. Hal ini sangat penting karena untuk menyediakan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya.

Kucing dewasa

Kucing dewasa adalah kucing yang berusia antara satu hingga delapan tahun. Kucing dewasa perlu diberi makan sekali atau dua kali sehari. 

Baca juga: Kenapa Kucing Suka Mengeong di Malam Hari? Ini 6 Penyebabnya

Sesuai dengan naluri nya, anak kucing dewasa akan lebih senang jika disajikan makanan segar, dengan suhu ruangan di mangkuk yang bersih miliknya.

Kucing tua

Kucing yang dianggap senior sudah berusia di atas 8 tahun. Seiring bertambahnya usia kucing, kebutuhannya pun berubah bahkan ada jenis makanan yang khusus untuk memberikan energi tambahan untuk mereka.

Makanan ini mungkin memiliki lebih sedikit protein dan keseimbangan mineral dan vitamin yang dirancang menjaganya agar tetap sehat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Cats
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.