Ingin Rumah Tampak Mewah Tanpa Renovasi? Ini 7 Triknya

Kompas.com - 17/11/2020, 08:11 WIB
Ilustrasi ruang tamu. SHUTTERSTOCK/ALL ABOUT SPACEIlustrasi ruang tamu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda ingin menyulap rumah agar tampak mewah, tidak perlu melakukan renovasi. Sebab, dengan biaya yang relatif murah pun nuansa rumah mewah dapat diwujudkan.

Para desainer interior memiliki beragam tips dan trik untuk membuat rumah tampak lebih mewah tanpa mengeluarkan uang banyak. Apa saja?

Dilansir dari Insider, Selasa (17/11/2020), berikut 7 tips dan triknya.

Baca juga: Ingin Kamar Tidur di Rumah Terasa Mewah Seperti Hotel? Ini 6 Tipsnya

1. Ubah pencahayaan

Menurut Rushda Hakim, desainer senior di Interior Marketing Group, menambahkan efek pencahayaan selalu menjadi investasi yang tepat. Pencahayaan menciptakan titik fokus pada ruang keluarga atai ruang tamu.

Tidak hanya itu, pencahayaan yang tepat juga membuat ruangan tampak lebih luas. Hakim merekomendasikan Anda membeli kap lampu silinder untuk lampu yang sudah ada jika tak ingin mengeluarkan banyak biaya untuk pencahayaan.

2. Gunakan cermin

Hakim menuturkan, menempatkan cermin dekoratif adalah cara mudah dan murah untuk mengubah tampilan ruangan dalam sekejap. Cermin dapat memantulkan cahaya dan membuat ruangan tampak lebih luas.

"Kami senang menggunakan rangkaian cermin untuk menciptakan dinding cermin," terangnya.

Baca juga: Mau Pasang Cermin di Kamar Mandi? Simak, Ini Panduannya

Menurut dia, Anda bisa mereplikasi teknik desain ini dengan biaya yang tidak mahal. Misalnya, Anda bisa membeli cermin di toko kebutuhan rumah dengan harga relatif terjangkau.

3. Jadikan meja sebagai aksen

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengubah tampilan ruangan di rumah agar lebih mewah adalah mengisi ruang sempit dengan sesuatu yang memiliki fungsi jelas.

Menurut Javier Fernandez, desainer dan pemilik Transitional Designs, salah satunya adalah dengan menempatkan meja kecil sebagai aksen.

Fernandez mengungkapkan, untuk menambah sentuhan elegan ke ruangan, Anda bisa menempatkan meja dengan aksen metal di sebelah atau di antara kursi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X