Kompas.com - 13/11/2020, 16:21 WIB
Ampas kopi bisa dimanfaatkan sebagai pupuk atau penyubur tanaman. SHUTTERSTOCK/MONTHIRAAmpas kopi bisa dimanfaatkan sebagai pupuk atau penyubur tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ampas kopi biasanya langsung dibuang ke tempat sampah. Namun, jangan buru-buru membuangnya.

Sebab, ampas kopi ternyata bisa bermanfaat sebagai pupuk yang menyuburkan tanaman hias di rumah.

Nah, bagaimana cara menggunakan kopi dan ampas kopi sebagai pupuk alami tanaman hias? Dilansir dari The Spruce, Jumat (13/11/2020), berikut caranya.

Baca juga: Micin Bisa Suburkan Tanaman, Begini Caranya

Pertama, Anda bisa langsung menambahkan bubuk kopi langsung ke tanah di pot tanaman hias. Anda dapat meratakannya ke beberapa inci pada bagian atas tanah, atau hanya menaburkan di atasnya dan dibiarkan.

Dalam jumlah yang lebih sedikit, terutama bila dicampur dengan bahan kering, bubuk kopi akan melepaskan nitrogennya.

Bubuk kopi bekas sebenarnya hampir netral dalam hal pH, jadi seharusnya tidak menimbulkan kekhawatiran tentang keasamannya.

Cara lain adalah menambahkan 2 cangkir bubuk kopi bekas ke dalam ember berisi air. Biarkan larutan tersebut terendam selama beberapa jam atau semalaman.

Baca juga: Kenali Hama dan Penyakit pada Tanaman Alocasia

Larutan ini bisa Anda gunakan sebagai pupuk cair untuk tanaman taman dan wadah. Larutan itu juga bisa digunakan sebagai pakan daun yang bisa Anda semprotkan langsung ke daun dan batang tanaman.

Sementara ampas kopi hanya mengandung sedikit asam, bubuk kopi memiliki lebih banyak asam. Sejumlah tanaman menyukai asam seperti hydrangea, rhododendron, azalea, wortel, dan lobak, sehingga bisa mendapatkan nutrisi dari bubuk kopi.

Bubuk kopi segar memiliki sebagian besar kandungan kafein dan asamnya.

Bubuk kopi pun bisa membasmi hama dan serangga yang kerap merusak tanaman, salah satunya siput.

Selain itu, kucing cenderung tidak menyukai bau ampas kopi dan mungkin menghindari buang air di pot tanaman.

 



Sumber The Spruce
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X