Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Hal yang Sering Tertinggal Saat Membersihkan Dapur

Kompas.com - 13/11/2020, 13:50 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur menjadi area yang memiliki rutinitas paling banyak, sebab setiap hari ada kegiatan memasak dan mempersiapkan makanan.

Untuk itu, area dapur haruslah rutin dibersihkan agar kegiatan memasak lebih nyaman dan tidak meninggalkan kotoran. Pembersihannya mulai dari perlengkapan dapur hingga area dapur.

Dilansir dari laman The Spruce, Jumat (13/11/2020), jika ada area di dapur yang patut menjadi perhatian saat membersihkannya.

Baca juga: Cara Cepat Membersihkan Rumah, Cuma 1 Jam

Gagang dan Tombol Peralatan Elektronik

Setiap peralatan elektronik di dapur memiliki beberapa jenis panel kontrol serta pegangan yang disentuh setiap kali digunakan.

Biasanya hal ini akan terabaikan, padahal di pegangan tersebut memiliki debu dan bakteri yang tidak terlihat seperti Salmonella, Listeria, E coli, dan lainnya. Semua organisme ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Lap area ini agar Anda terhindar dari bakteri tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan cairan pembersih.

Baca juga: Mini Bar, Solusi Dekorasi Dapur Sempit dan Cantik

Wastafel
Menurut National Sanitation Foundation International (NSF), 45 persen dari semua wastafel yang diuji memiliki E coli atau beberapa jenis bakteri coliform. Maka dari itu, wastafel harus secara berkala dibersihkan setelah selesai dipakai.

Untuk membersihkan area ini, Anda bisa menggunakan pembersihkan wastafel yang mengandung bahan disinfektan serta tisu sekali pakai atau lap bersih.

Spons
Sebuah studi menemukan setidaknya sekitar 75 persen spons ini mengandung bakteri coliform (Salmonella atau E colli). Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan air panas setelah digunakan untuk menghilangkan bakteri tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com