Kompas.com - 13/11/2020, 11:32 WIB
Ilustrasi pencahayaan di ruang tamu. SHUTTERSTOCK/SYDA PRODUCTIONSIlustrasi pencahayaan di ruang tamu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain tata letak serta desain interior, pencahayaan pun dapat memberikan nuansa yang berbeda.

Dilansir dari laman Livingetc, Jumat (13/11/2020) pencahayaan kini menjadi tren utama dalam ruang tamu.

Lantas, jenis pencayahaan seperti apa yang harus dipilih?

Baca juga: 5 Ide Mempercantik Ruang Tamu dengan Bantal Sofa

Sebelum memilih jenis lampu atau pencahayaannya, Anda harus melihat keadaan plafon memiliki tinggi berapa meter, tema interior ruang tersebut seperti apa, dan nuansa seperti apa yang ingin ditampilkan. Berikut beberapa pencayahaan yang Anda bisa pilih:

Floating bubbles

Jika bosan dengan lampu gantung biasa, Anda bisa memilih floating bubbles untuk pencahayaan di ruang  tamu Anda. Untuk menyelaraskannya, berikan sentuhan warna pada sofa serta aksesori lainnya.

On track

Jika ingin memberikan nuansa berbeda pada ruang tamu, tipe lampu on track bisa menjadi pilihan. Manfaat dari lampu ini adalah Anda dapat memiliki kebebasan untuk mengubah berbagai arah cahaya.

Baca juga: 5 Ide Dekor Ruang Tamu yang Nyaman dan Instagrammable

Ilustrasi pencahayaan di ruang tamu.SHUTTERSTOCK/Photographee.eu Ilustrasi pencahayaan di ruang tamu.

Kristal

Bagi Anda yang ingin memiliki ruangan dengan nuansa mewah dan elegan, lampu kristal yang menggantung dapat menjadi pilihan utama. Namun yang harus diperhatikan adalah lampu ini agak sulit dibersihkan karena harus membersihkan satu-persatu bagian lampunya.

Lampu gantung

Bagi Anda ingin memberikan nuansa industrial di dalam ruangan tamu atau keluarga, bisa menggunakan tipe lampu gantung ini.

Baca juga: Room Tour 3 Ide Dekorasi Ruang Tamu, Bisa dengan Anggaran Terbatas

Lampu plafon

Lampu plafon ini merupakan lampu yang sering digunakan di beberapa rumah. Selain lebih simpel, lampu jenis ini cocok dengan gaya interior apapun.

 



Sumber Living Etc
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X