Kompas.com - 13/11/2020, 15:38 WIB
Ilustrasi memanaskan makanan dalam plastik dengan microwave. Ilustrasi memanaskan makanan dalam plastik dengan microwave.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari tampilannya mungkin tampak mirip, tapi kamu harus tahu bahwa microwave dan oven merupakan alat elektronik yang berbeda jauh satu sama lain.

Ya, tidak sedikit orang masih keliru mengenal microwave dan oven. Mereka yang masih awam akan menganggap oven dan microwave adalah alat yang sama, tetapi berbeda nama penyebutan.

Untuk membuatmu tahu pasti bahwa microwave dan oven itu tak sama, berikut perbedaannya yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat, (13/11/2020).

Baca juga: Cara Menjaga Microwave agar Awet dan Tahan Lama

Cara kerja

Cara kerja microwave adalah dengan memanfaatkan radiasi gelombang mikro. Gelombang itu kemudian diserap oleh molekul air dan zat-zat lain di dalam makanan, sehingga menyebabkan mereka bekerja untuk memanaskan makanan.

Sementara itu, oven bekerja dengan cara menempatkan sumber panas yang ada di luar makanan, dan meningkatkan suhu dari luar ke bagian dalam makanan.

Dari memanfaatkan sumber panas tersebut, oven dapat memasak makanan menjadi kering, panas, dan terpanggang dalam waktu yang singkat.

Oven juga dikonfigurasi dengan kipas di tempat terpisah yang membantu untuk mendistribusi panas secara keseluruhan makanan, sehingga makanan matang merata.

Baca juga: Oven Kurang Diminati Masyarakat Indonesia, Mengapa?

Konfigurasi mesin

Arti dari konfigurasi mesin adalah sistem pengoperasian mesin. Baik microwave dan oven memiliki pengoperasian mesin berbeda.

Microwave memiliki dua elemen pemanas, satu di bagian bawah yang berfungsi untuk memanaskan, dan satu lagi ada di bagian atas untuk memanaskannya sekali lagi.

Sementara oven tidak dibekali elemen pemanas. Di dalam oven terdapat kipas yang berfungsi mengedarkan panas secara merata ke seluruh makanan yang di masukkan ke dalamnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X