Kompas.com - 09/11/2020, 09:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih cat untuk dinding di rumah seringkali merupakan keputusan sulit. Warna yang dipandang bagus pun tak jarang menjadi kurang bagus saat dipadukan dengan furnitur dan aksesoris.

Oleh karena itu, Anda harus cermat sebelum memutuskan warna cat yang akan diaplikasikan pada dinding.

Dilansir dari Real Simple, Senin (9/11/2020), berikut ini 6 kesalahan memilih cat yang harus dihindari menurut para pakar.

Baca juga: Ingin Nuansa Ruang Tamu yang Teduh? Pilih Warna-warna Ini

1. Terlalu cepat membuat keputusan

Berbagai pakar cat merekomendasikan Anda memikirkan selama beberapa hari sebelum memutuskan warna cat dinding. Sebab, warna cat akan berubah ketika terpapar cahaya.

Selain itu, warna akan berubah ketika hari panas dan redup.

"Aplikasikan berbagai warna (untuk dibandingkan) dan lihatlah selama beberapa hari. Tes warna di berbagai area di rumah dan pencahayaan yang berbeda untuk membantumu memvisualisasikan warnanya akan seperti apa," jelas Erika Woelfel, seorang pakar pewarnaan.

Sementara itu, Nicole Gibbons, pendiri dan CEO Clare menyarankan, pastikan Anda menyukai warna tersebut baik pada siang dan malam, serta ketika ada cahaya matahari dan pencahayaan lampu.

Baca juga: 5 Pilihan Warna Dinding untuk Ruang Makan

"Ketika Anda sudah menghabiskan waktu dengan masing-masing warna, buatlah keputusan final. Ini bisa menghindari Anda dari frustrasi dan uang yang terbuang," jelas Sue Wadden, direktur pemasaran produk pewarnaan di Sherwin-Williams.

2. Tidak mempertimbangkan dekorasi dan furnitur

"Kami selalu merekomendasikan mengecat papan kecil dan mengevaluasikan warna di berbagai bagian di rumah dan sepanjang hari," ujar Andrea Magno, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Pewarnaan di Benjamin Moore.

Hal ink akan memungkinkan Anda melihat warnanya akan seperti apa warnanya dengan pertimbangkan pencahayaan, baik alami maupun buatan, serta faktor lainnya, seperti furnitur, benda seni, dan lainnya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.