Kompas.com - 08/11/2020, 15:40 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Di negara tropis seperti di Indonesia, kipas angin sangat dibutuhkan dan mudah ditemui hampir di setiap rumah.

Bagaimana tidak, di siang hari yang panas, sejuk rasanya bila menghidupkan kipas angin di ruangan. Selain itu, kipas angin juga bisa membantu membuang aroma yang menguar di dalam ruangan.

Ada dua jenis kipas angin yang lazim ditemui di pasaran, yakni kipas angin berdiri (standing fan) dan kipas angin gantung atau langit-langit (ceiling fan).

Baca juga: AC Tidak Dingin? Ini 9 Penyebabnya

Sebelum memutuskan untuk membeli kipas angin, pastikan dulu kamu mengetahui perbedaan, keuntungan, dan kerugian kipas angin berdiri dan kipas angin gantung.

Dilansir dari Know The Flo, Minggu (8/11/2020), berikut penjelasan tentang kipas angin gantung dan kipas angin berdiri.

Perbedaan antara kedua produk kipas angin ini adalah pada cara pemasangannya. Tentu saja kipas angin berdiri lebih mudah dipasang dan mudah dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lain.

Sementara, kipas angin gantung harus dipasang di langit-langit ruangan. Akan tetapi, kipas angin jenis ini memberikan lebih banyak aliran udara, beberapa model memiliki fitur lebih canggih, dan lebih nyaman karena tidak makan tempat.

Baca juga: 5 Pilihan AC 1/2 PK Watt Kecil agar Tagihan Listrik Tak Membengkak

Namun demikian, kipas angin gantung cenderung lebih mahal dan membutuhkan instalasi alias pemasangan.

Keuntungan dan kerugian kipas angin gantung

Ada beberapa keuntungan jika memilih kipas angin gantung. Soal tampilan, kipas angin gantung unggul karena memberikan tampilan yang permanen dan banyak jenis, misalnya yang dilengkapi lampu yang cantik.

Selain itu, ada juga jenis kipas angin gantung yang memiliki bilah motif kayu. Sehingga, kamu bisa menyesuaikan model kipas angin gantung dengan interior ruangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.