Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Memilih Pohon Natal untuk Ruang Tamu Sempit

JAKARTA, KOMPAS.com - Pohon natal adalah dekorasi penting bagi Anda yang merayakannya. Namun demikian, bagaimana jika Anda memiliki ruang tamu sempit untuk meletakkan pohon natal?

Semua orang pasti menginginkan ruangan besar dengan langit-langit tinggi, yang dapat dengan mudah dihiasi dengan pohon Natal yang tinggi dan mencuri perhatian.

Akan tetapi, Anda dapat memberikan pengaruh dan menampilkan tampilan pohon Natal yang menakjubkan meskipun ruang tamu kecil.

Dikutip dari Living Etc, Sabtu (9/12/2023), berikut beberapa cara memilih pohon natal untuk ruang tamu sempit.

1. Ikuti aturan "satu masuk, satu keluar"

Saat mencari ide dekorasi Natal untuk ruang tamu, Anda mungkin merasa ruangan tidak memiliki cukup ruang untuk pohon natal. Oleh karena itu, Anda perlu menyediakan ruang untuk itu.

"Jika Anda ingin memasukkan pohon Natal ke dalam ruang tamu kecil ada beberapa hal yang perlu diingat," kata Jenna Choate-James dan Mariana Ugarte, pendiri Interior Fox.

"Terapkan aturan satu masuk, satu keluar. Jika Anda membawa pohon berukuran besar pastikan Anda mengambil satu barang dari tempatnya agar tidak terlalu sempit. Mungkin menyingkirkan bangku atau tanaman dalam pot yang memakan ruang ekstra bisa membantu," imbuh mereka.

Choate-James dan Ugarte menyatakan, penting untuk mengosongkan sebagian ruang lantai.

"Pertimbangkan untuk menyingkirkan meja atau kursi untuk bulan tersebut jika itu bisa dilakukan. Sudut tempat furnitur biasanya diletakkan bisa jadi paling tersembunyi namun tetap menjadi titik fokus," ungkap Jennifer Morris, pendiri JMorris Design.

2. Ukur ruangan

Luangkan waktu sejenak untuk mengukur ruang yang Anda perlukan untuk meletakkan pohon Natal. Ambil pita ukur, dan periksa lebar sudut tempat Anda berencana meletakkan pohon natal.

Perhatikan titik terlebarnya, dan tandai agar Anda tidak lupa.

"Berhati-hatilah dalam menentukan skala sambil menjaga ruangan tetap dapat digunakan. Mungkin rekatkan lingkaran untuk memastikan Anda bisa mengatur ruangan," sebut Morris.

Cara lainnya adalah dengan mendekatkan furnitur ke pohon natal. Hal ini akan membantu menciptakan lebih banyak area sirkulasi bagi orang untuk lalu lalang.

Jadi, dua kursi yang biasanya diletakkan agak miring dengan meja kecil di antaranya bisa didekatkan dan meja kecil itu digeser ke satu sisi atau sisi lainnya. Konfigurasi berbentuk L juga bisa membantu.

3. Pilih pohon natal yang ramping

Anda juga bisa mencari pohon natal dengan tapak kecil. Ini adalah pohon natal yang lebih mudah masuk ke dalam ruangan sempit.

Saat memilih pohon natal untuk ruang tamu sempit, pilihlah tinggi daripada lebarnya. Hal ini akan membuat ruangan terasa lebih besar karena menarik pandangan ke atas.

Tambahkan lampu senar atau bohlam kecil untuk lampu pohon natal, agar menjadi pusat perhatian.

"Seringkali masalah pada pohon Natal adalah diameternya. Meskipun tidak terlalu tinggi namun bisa sangat lebar, jadi sebaiknya carilah pohon yang lebih ramping saat memilih ruangan kecil," saran Kashi Shikunova, pendiri Yam Studios.

"Pohon natal buatan cenderung lebih ramping dan pohon berkualitas baik akan terlihat bagus sehingga patut dipertimbangkan," imbuhnya.

Morris mengungkapkan, bila ruangan Anda terlalu sempit, pilihlah pohon Natal versi lebih kecil.

Manfaatkan meja sudut atau meja konsol untuk meletakkan pohon natal. Untuk dampak tambahan, letakkan pohon natal di dekat jendela.

Tidak hanya terlihat cantik dengan pantulan cahaya di kaca, namun keterbukaan jendela dan visual kelap-kelip di kaca akan membuat ruangan terasa lebih luas dan tidak sesak.

"Pilihlah pohon natal yang lebih kecil yang dapat diletakkan di atas meja kecil sehingga Anda dapat mengatur hadiah dan stoking di satu tempat," saran Choate-James dan Ugarte.

Dekorasi Natal tidak harus berarti pernak-pernik besar, karangan bunga bertebaran di sekitar tempat, dekorasi memenuhi ruangan, dan lainnya.

Dengan dekorasi Natal yang sederhana dan minimalis, Anda dapat menciptakan dekorasi ceria yang tidak terkesan terlalu ramai.

Dengan lilin yang ramping, dedaunan yang terang, dan lentera, Anda dapat memiliki ruangan yang meriah dan indah.

6. Perhatikan skema warna

Semakin banyak warna dan elemen aneh yang dimiliki ruangan, ruangan tersebut akan terlihat semakin berantakan. Karena Anda memiliki ruang tamu kecil, Anda perlu memastikan bahwa pohon Natal kecil tidak menonjol, namun justru menyatu indah dengan dekorasi ruangan.

Cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan apa yang sudah Anda miliki. Pilih satu fitur yang menonjol dan pinjam warnanya di sekitar ruangan.

Misalnya, jika Anda memiliki karpet bermotif, dapatkan inspirasi darinya. Pilih kain, pita, ornamen pengisi, dan dekorasi lainnya dengan warna ruang tamu untuk menyatukan semuanya.

Di mana harus meletakkan pohon natal di ruang tamu sempit?

Di ruang tamu sempit, tempat terbaik untuk meletakkan pohon natal adalah di sudut yang nyaman, jauh dari pintu masuk dan di luar ruang berjalan biasa.


Pilihan lainnya adalah di dekat jendela, atau jika Anda tidak keberatan dengan versi pohon natal kecil, maka di atas meja.

Jika luas rumah Anda kecil, pertimbangkan untuk menata ulang furnitur sedikit agar menyertakan pohonnya. Setelah periode perayaan Natal selesai, Anda dapat mengembalikan semuanya seperti semula.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/12/09/215843976/6-cara-memilih-pohon-natal-untuk-ruang-tamu-sempit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke